KAI Divre III & Komunitas Pecinta KA Gelorakan Semangat Selamat di Perlintasan

KAI Divre III & Komunitas Pecinta KA Gelorakan Semangat Selamat di Perlintasan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melaksanakan sosialisasi aturan terkait perlintasan kereta api secara serentak di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre) di Jawa dan Sumatera pada 16 Agustus 2024. --Foto : humas pta KAI Divre III Palembang

Selama tahun 2022, tercatat 22 orang menjadi korban kecelakaan di perlintasan sebidang, dengan berbagai kondisi luka ringan, luka berat, hingga meninggal dunia.

Pada tahun 2023, jumlah korban menurun menjadi enam orang, namun kecelakaan tetap terjadi. Hingga Juli 2024, tercatat sudah ada 19 korban kecelakaan, dengan enam di antaranya meninggal dunia dan 13 mengalami luka ringan.


Sosialisasi dilakukan di 13 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah operasi KAI di dua pulau besar tersebut.--Foto : humas pta KAI Divre III Palembang

Aida menegaskan pentingnya kewaspadaan dan disiplin bagi para pengguna jalan saat melintas di perlintasan sebidang.

Ia menghimbau agar pengguna jalan selalu memprioritaskan keselamatan perjalanan kereta api dengan mematuhi rambu-rambu dan aturan yang ada.

Pengguna jalan diingatkan untuk selalu berhenti, menengok kanan-kiri, memastikan aman, dan baru kemudian melanjutkan perjalanan saat melintasi perlintasan kereta api.

Selain itu, Aida juga mengingatkan agar masyarakat tidak membuat perlintasan liar, karena hal tersebut merupakan pelanggaran lalu lintas yang dapat ditindak sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: