Apakah Pakai BBM RON Tinggi Sudah Pasti Bagus untuk Motor?

Apakah Pakai BBM RON Tinggi Sudah Pasti Bagus untuk Motor?

Research Octane Number (RON) adalah angka yang menunjukkan tingkat ketahanan bahan bakar terhadap knocking (atau ketukan) saat digunakan dalam mesin pembakaran dalam - --Foto : instagram.com/@astramotor

Jadi, apakah menggunakan BBM dengan RON tinggi selalu lebih baik untuk motor? Jawabannya adalah tidak selalu. 

BACA JUGA:Mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh? Ini 5 Dampak Negatif Melakukan Pengisian BBM Sepeda Motor Hingga Tumpah!

BACA JUGA:Mobil Transmisi, Manakah yang lebih Hemat BBM Mobil Matic atau Manual?


Keputusan untuk menggunakan BBM dengan RON tinggi harus didasarkan pada spesifikasi mesin dan rekomendasi produsen motor --Foto : instagram.com/@astramotor

Keputusan untuk menggunakan BBM dengan RON tinggi harus didasarkan pada spesifikasi mesin dan rekomendasi produsen motor. 

Jika mesin motor Anda dirancang untuk BBM dengan RON rendah atau sedang, maka menggunakan BBM dengan RON tinggi tidak akan memberikan manfaat yang berarti dan hanya akan meningkatkan biaya operasional Anda.

Namun, jika motor Anda memiliki mesin berkompresi tinggi yang membutuhkan BBM RON tinggi, maka menggunakan BBM yang sesuai dapat membantu meningkatkan performa dan efisiensi mesin.

Selalu periksa manual pengguna dan ikuti rekomendasi dari produsen motor Anda untuk memastikan motor Anda mendapatkan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Dengan begitu, Anda dapat menikmati performa motor yang optimal tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan yang tidak perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber