Tantangan dan Upaya Pemerintah dalam Mendorong Penjualan Kendaraan Listrik di Indonesia

Tantangan dan Upaya Pemerintah dalam Mendorong Penjualan Kendaraan Listrik di Indonesia

Tantangan dan Upaya Pemerintah dalam Mendorong Penjualan Kendaraan Listrik di Indonesia--Istimewa


Tantangan dan Upaya Pemerintah dalam Mendorong Penjualan Kendaraan Listrik di Indonesia--Istimewa

Selain itu, meskipun pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 yang mewajibkan semua instansi pemerintahan.

BACA JUGA:Smartwatch Terbaru: Inovasi dalam Pemantauan Kesehatan di Pergelangan Tangan Anda

BACA JUGA:Franco 'Quantum Vanguard': Skin Eksklusif MPL Baru di Mobile Legends Tampil dengan Gaya Laser Mecha

Baik pusat maupun daerah, serta TNI dan Polri, untuk mulai beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik, implementasi dari kebijakan ini masih berjalan lambat.

Moeldoko menekankan bahwa peralihan ini harus dilakukan secara bertahap, baik untuk mobil dinas kementerian/lembaga maupun mobil dinas pribadi para pejabat.

Namun, tantangan yang dihadapi oleh pemerintah dalam mendorong adopsi kendaraan listrik tidak hanya datang dari sektor pembiayaan dan skema bantuan, tetapi juga dari resistensi budaya dan kebiasaan yang telah mengakar di masyarakat.

Untuk mengatasi berbagai hambatan tersebut, Moeldoko mengusulkan perlunya kerjasama yang lebih erat antara pemerintah dan sektor swasta, terutama lembaga pembiayaan.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh! Ini Pentingnya Perawatan Rutin Motor

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Sayang untuk Dilewatkan

Ia mendorong agar bank dan perusahaan leasing mulai melihat kendaraan listrik sebagai peluang bisnis jangka panjang, mengingat tren global yang semakin kuat menuju kendaraan berbasis energi terbarukan.

Selain itu, Moeldoko juga menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang manfaat dan keunggulan kendaraan listrik, baik dari sisi lingkungan maupun ekonomi.

Pemerintah juga perlu memperkuat infrastruktur pendukung kendaraan listrik, seperti memperbanyak jumlah stasiun pengisian daya di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia.

Kehadiran infrastruktur yang memadai akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kendaraan listrik dan mengurangi kekhawatiran tentang jarak tempuh yang sering menjadi pertimbangan utama.

BACA JUGA:Rahasia Cat Mobil Tetap Mulus, Cara Efektif Mencegah Baret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber