Kemenkumham Sumsel Prioritaskan Gizi Warga Binaan, Luncurkan Dapur Sehat

Kemenkumham Sumsel Prioritaskan Gizi Warga Binaan, Luncurkan Dapur Sehat

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, menyampaikan bahwa semua lapas dan rutan di provinsi Sumatera Selatan kini telah menerapkan dapur sehat untuk memastikan kebutuhan makan tahanan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) terpenuhi dengan baik.--foto/ dok. Kemenkumham Sumsel

SUMSEL, PALTV.CO.ID- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan telah berhasil mewujudkan konsep dapur sehat di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) di seluruh provinsi tersebut.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, menyampaikan bahwa semua lapas dan rutan di provinsi Sumatera Selatan kini telah menerapkan dapur sehat untuk memastikan kebutuhan makan tahanan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) terpenuhi dengan baik.

Dalam keterangannya di Palembang pada hari Sabtu, Ilham Djaya menjelaskan bahwa pihaknya secara rutin melakukan pemeriksaan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap dapur di lapas dan rutan menerapkan standar dapur sehat yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Peresmian Poltekpin, Kemenkumham Sumsel Saksi Sejarah Baru Pendidikan Vokasi Ilmu Pemasyarakatan dan Imigrasi

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Ikuti Acara Pengukuhan Organisasi Profesi Analis Hukum

Salah satu pengecekan terbaru dilakukan di Lapas Lubuklinggau, di mana Ilham Djaya bersama timnya meninjau dapur sehat yang ada di lapas tersebut.

Selain itu, mereka juga berkomunikasi langsung dengan petugas dapur serta warga binaan untuk mendengar masukan dan saran mengenai pelaksanaan dapur sehat.

Ilham menyatakan apresiasinya terhadap upaya yang telah dilakukan oleh petugas dapur di Lapas Lubuklinggau.

Namun, dia juga memberikan sejumlah saran dan masukan yang bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas sarana dapur sehat di lapas tersebut.


Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengecek dapur sehat di lapas--foto/ dok. Kemenkumham Sumsel

Salah satu pesan penting yang disampaikannya adalah agar petugas selalu menjaga komunikasi yang baik dengan warga binaan, terutama terkait waktu pengolahan makanan sesuai menu yang telah ditentukan dan memastikan pendistribusian makanan dalam keadaan yang higienis.

Selain fokus pada dapur sehat, Ilham Djaya juga menjalin komunikasi dengan dokter dan perawat yang bertugas di Lapas Lubuklinggau.

Ia menekankan pentingnya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada seluruh warga binaan. Dalam kesempatan itu, Ilham juga mengingatkan petugas di pintu utama lapas (P2U) untuk memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber