Pulau Sabira: Destinasi Wisata Alam yang Memukau dari Jakarta

Pulau Sabira: Destinasi Wisata Alam yang Memukau dari Jakarta

Pulau Sabira: Destinasi Wisata Alam yang Memukau dari Jakarta--Foto : indonesia.go.id/Pemprov DKI Jakarta

Dari puncak mercusuar, pengunjung dapat menikmati pemandangan 360 derajat pulau dan laut sekitarnya, termasuk terumbu karang dan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau. Mercusuar ini, yang juga dikenal sebagai Noodwachter atau Penjaga Utara, termasuk dalam Daftar Suar Indonesia dan dioperasikan oleh Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjung Priok Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA:Mulai Dari Rp10 Ribu! Ini 5 Tempat Makan Murah untuk Anak Kost di Jakarta, Enak dan Hemat

 

Konservasi dan Pelestarian Lingkungan

Selain mercusuar, Sabira juga merupakan lokasi penangkaran penyu sisik yang dilindungi. Sejak 2015, masyarakat setempat telah berkomitmen untuk melindungi telur penyu dan aktif dalam program konservasi, termasuk penanaman pohon mangrove untuk mencegah abrasi dan gelombang laut. Usaha ini mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan penghargaan Kalpataru pada tahun 2019.

Produk lokal Sabira yang terkenal adalah ikan asin dari ikan selar kuning. Aktivitas penjemuran ikan asin dapat dilihat di berbagai sudut pulau, dan rumpon yang dibangun di sekitar terumbu karang menjaga keberlangsungan pasokan ikan untuk diolah.

Dengan segala keindahan alam dan kekayaan sejarahnya, Pulau Sabira merupakan destinasi wisata yang ideal bagi mereka yang mencari pengalaman alam dan sejarah yang autentik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id