Intip Bunga Simpanan Bank Digital pada Juli 2024, Ada yang Hingga 10 Persen

Intip Bunga Simpanan Bank Digital pada Juli 2024, Ada yang Hingga 10 Persen

Intip Bunga Simpanan Bank Digital pada Juli 2024, Ada yang Hingga 10 Persen-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pada Juli 2024, sejumlah bank digital menawarkan bunga simpanan yang sangat menarik, bahkan ada yang mencapai 10%, jauh di atas bunga penjaminan yang ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 

Misalnya, PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) atau BNC menawarkan bunga deposito hingga 8% per tahun. Sementara itu, PT Krom Bank Indonesia Tbk. (BBSI) memberikan bunga simpanan hingga 8,75% per tahun, dan PT Bank Amar Indonesia Tbk. (AMAR) menawarkan bunga hingga 9% per tahun.

PT Bank Jasa Jakarta (BJJ) melalui Bank Saqu bahkan menawarkan bunga simpanan mencapai 10%. Bunga simpanan bank digital ini jauh di atas tingkat bunga penjaminan LPS, yang menetapkan tingkat bunga penjaminan simpanan rupiah di bank umum sebesar 4,25%. Akibatnya, simpanan nasabah di bank-bank ini tidak dijamin oleh LPS.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, menegaskan bahwa LPS tidak melarang bank menawarkan bunga simpanan di atas bunga penjaminan LPS. Ia menyatakan bahwa ini adalah bagian dari strategi bisnis bank digital.

BACA JUGA:Ini Rahasia Membuat Istimewa Fujifilm GFX 100 II

Menurut Purbaya, bank-bank tersebut menawarkan suku bunga tinggi untuk bersaing dan menghimpun dana guna mendukung ekspansi kredit yang lebih besar. Meski demikian, LPS meminta agar bank-bank tersebut memberikan informasi yang transparan kepada masyarakat mengenai bunga simpanan tinggi yang mereka tawarkan.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira, mengatakan bahwa tren bunga tinggi di bank digital kemungkinan akan terus berlanjut hingga tiga tahun ke depan. Menurut Bhima, persaingan dalam merebut dana di pasar semakin ketat karena bank juga harus bersaing dengan surat utang pemerintah yang menawarkan bunga tinggi.

Rincian Bunga Bank Digital per Juli 2024

1. Bank Saqu

Bank Saqu, yang merupakan milik Astra Financial dan WeLab, menawarkan produk tabungan yang disebut Busposito. Produk ini memungkinkan pembukaan deposito bersama, dimana semakin banyak peserta yang bergabung, maka suku bunga yang diterima akan semakin tinggi. ditawarkan semakin tinggi, dengan bunga simpanan mencapai 7%.

Selain itu, Bank Saqu menawarkan produk simpanan bernama Tabungmatic, yang menawarkan bunga maksimal 10%. Di sini, uang kembalian dari setiap transaksi menggunakan QRIS di aplikasi Bank Saqu akan diubah menjadi tabungan di Saku Booster dengan insentif menabung sebesar 10% per tahun.

BACA JUGA:Mengungkap Mercedes-Benz EQE SUV yang Mempunyai Teknologi Pengemudi Canggih dan Interior Premium

2. Bank Amar

Bank Amar menawarkan produk simpanan dengan bunga tinggi mencapai 9% per tahun. Nasabah dapat menyetor dana mulai dari Rp100.000. Bank Amar menawarkan berbagai tenor deposito dengan bunga bervariasi: 1 bulan (5,75%), 3 bulan (6%), 6 bulan (6,25%), 12 bulan (7%), 18 bulan (7,5%), 24 bulan (8%), dan 36 bulan (9%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber