4 Negara Lolos Ke Semifinal Euro 2024, Hanya Inggris yang Belum Pernah Jadi Juara

4 Negara Lolos Ke Semifinal Euro 2024, Hanya Inggris yang Belum Pernah Jadi Juara

4 Negara Lolos Ke Semifinal Euro 2024, Hanya Inggris yang Belum Pernah Jadi Juara--Foto: instagram@euro2024

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ajang turnamen antar negara benua biru Eropa akan masuki fase babak akhir, 4 negara telah dipastikan lolos dan akan saling berhadapan yakni Spanyol akan bersua Prancis pada Rabu dini hari (10/7/2024) dan Inggris akan menghadapi Belanda pada Kamis dini hari (11/7/2924). 

Dari ke 4 tim yang lolos ke fase semifinal tersebut sama-sama sudah punya pengalaman dan memiliki pemain tangguh, yang berkompetisi level elit dunia saat ini. Namun dari 4 negara yang lolos tersebut ternyata ada satu negara yang belum pernah juara piala Eropa. 

Inggris negara yang selalu mengklaim sebagai negara asal muasalnya sepakbola ini, ialah negara yang belum pernah menjadi piala Eropa selama keikutsertaannya. Inggris sendiri sudah sebanyak 10 kali ikuti piala Eropa atau Euro namun prestasi terbaik mereka hanya duduki posisi runner-up tahun 2020 silam. 

Dimana waktu itu saat mereka jadi tuan rumah skuad tiga singa tersebut, harus takluk atas Italia yang diasuh oleh pelatih kawakan Roberto Mancini melalui babak tos-tosan adu penalti dengan skor 4-3.

BACA JUGA:Mengapa Servis Rutin Mobil Sangat Penting: Menjaga Performa dan Keamanan Kendaraan Anda

 Kekalahan dikandang sendiri stadion Wembley, London tersebut membuat kekecewaan warga Inggris. Karena mereka berharap anak asuh Gareth Soutgate mampu merengkuh juara eropa dikandang sendiri. 

Sementara itu 3 semifinalis Euro 2024 yang akan bertanding sudah pernah menjadi juara Eropa dimana Belanda yang akan dihadapi oleh Inggris pernah jadi juara tahun 1988,dimana waktu itu skuad Belanda diperkuat sejumlah pemain top dunia seperti Ruud Gullit, Marco Van Basten dan pelatih Belanda saat ini Ronald Koeman. 

Sementara itu Spanyol juga pernah jadi juara eropa tahun 2012 silam. Waktu itu Spanyol diasuh oleh pelatih Vicent Del Bosque, begitu perkasa karena 2 tahun sebelumnya skuad Spanyol yang terkenal dengan gaya tiki taka berhasil jadi juara dunia. 

Sedangkan Prancis yang akan bersua Soanyol nanti di semifinal, adalah tim terbanyak juara Euro dibandingkan tim lainnya yang lolos ke semifinal Euro 2024  yaitu sebanyak 2 kali pada tahun 1984 di era Michael Platini dan 2000 di era Zinedine Zidane. Prancis juga jadi negara yang sering masuk final Euro sebanyak 3 kali dari 11 kali penampilannya di ajang Euro digelar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: