Manjakan Lidah dengan Cita Rasa Prancis, Mencicipi Macaron dan Croissant di Ibu Kota

Manjakan Lidah dengan Cita Rasa Prancis, Mencicipi Macaron dan Croissant di Ibu Kota

Manjakan Lidah dengan Cita Rasa Prancis, Mencicipi Macaron dan Croissant di Ibu Kota-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Prancis dikenal sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner yang kaya dan beragam. Dari hidangan utama hingga pencuci mulut, masakan Prancis selalu menawarkan rasa dan kelezatan yang unik.

Dua kue khas yang menjadi ikon dalam budaya kuliner Prancis adalah macaron dan croissant. Kue-kue ini tidak hanya populer di Prancis tetapi juga telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Di Jakarta, Anda bisa menemukan berbagai tempat yang menawarkan kelezatan otentik macaron dan croissant. Artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang sejarah, proses pembuatan, serta tempat terbaik untuk menikmati kue-kue ini di ibu kota.

Sejarah Macaron dan Croissant

BACA JUGA:Heboh! Seorang Petani Warga Desa Senuro Timur Diduga Depresi Akhiri Hidup dengan Gandir di Kandang Sapi

Macaron

Macaron adalah kue kecil berbentuk bundar dengan tekstur luar yang renyah dan dalam yang lembut. Kue ini dibuat dari campuran putih telur, gula halus, gula pasir, tepung almond, dan pewarna makanan.

Macaron modern seperti yang kita kenal sekarang pertama kali dipopulerkan oleh Pierre Desfontaines dari Ladurée pada awal abad ke-20.

Meski demikian, asal-usul macaron bisa ditelusuri kembali ke Italia pada abad ke-8 dan dibawa ke Prancis oleh koki Ratu Catherine de Medici pada abad ke-16.

BACA JUGA:Cara Simpel Menghemat Bahan Bakar Mobil: Mengemudi Santai untuk Konsumsi Bahan Bakar Lebih Efisien

Croissant

Croissant adalah kue berbentuk bulan sabit yang terkenal dengan lapisan-lapisan adonannya yang renyah dan lembut.

Sejarah croissant dimulai pada abad ke-17 di Austria dengan nama "kipferl," yang kemudian diadopsi dan disempurnakan oleh orang Prancis.

Teknik laminasi yang digunakan untuk membuat croissant, di mana adonan dilipat dengan mentega berkali-kali untuk menciptakan lapisan, adalah kunci dari tekstur khasnya. Croissant menjadi terkenal di Prancis pada abad ke-19 dan sejak itu menjadi salah satu kue paling ikonik di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber