Ful Medames: Kuliner Tradisional Mesir dari Era Firaun

Ful Medames: Kuliner Tradisional Mesir dari Era Firaun

Ful Medames: Kuliner Tradisional Mesir dari Era Firaun--ig.com/@mirage_restaurant

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Ful Medames adalah salah satu makanan tradisional Mesir yang telah ada sejak zaman Firaun, lebih tepatnya dari Dinasti Kedua Belas.

Makanan ini terbuat dari rebusan kacang lava yang disajikan dengan minyak zaitun, bawang putih, dan air lemon. Meski dulunya dimasak dalam panci yang ditutup dengan batubara panas atau pasir, seiring berjalannya waktu, Ful Medames kini memiliki banyak variasi dalam cara pembuatannya, dan setiap keluarga di Mesir mungkin memiliki resep warisan mereka sendiri.

Ful Medames pertama kali muncul di Mesir pada masa Dinasti Kedua Belas, sekitar 1991 hingga 1802 SM. Pada masa itu, metode memasak cukup unik dengan menggunakan panci yang ditutup oleh batubara panas atau pasir untuk menjaga suhu dan memasak kacang secara perlahan.

Teknik ini memungkinkan kacang untuk tetap utuh dan memperoleh tekstur yang lembut. Dalam perjalanannya, Ful Medames tidak hanya bertahan sebagai makanan tradisional, tetapi juga berkembang menjadi bagian integral dari budaya kuliner Mesir.

BACA JUGA:Lembaga Advokasi Indonesia Dugaan Kecurangan PPDB SMA di Kota Palembang ke Kejaksaan Tinggi Sumsel

Meskipun awalnya merupakan makanan rakyat jelata, Ful Medames kini menjadi hidangan yang disukai oleh berbagai kalangan.

Hidangan ini populer sebagai menu sarapan, tetapi juga sering disajikan saat berbuka puasa selama bulan Ramadan. Di Mesir, Anda dapat menemukan Ful Medames di restoran-restoran mewah hingga warung kaki lima di berbagai sudut kota.

Variasi dan Penyajian

Setiap keluarga di Mesir biasanya memiliki variasi resep Ful Medames mereka sendiri. Hidangan ini bisa disajikan dengan berbagai tambahan seperti mentega, saus tomat, telur, dan pastrami.

BACA JUGA:Pangdam II/Sriwijaya, Lepas Tim Pembawa Bendera Merah Putih Menuju Pagar Alam Untuk Dikibarkan di Gunung Dempo

Namun, metode penyajian yang paling tradisional adalah dengan roti bun khas Mesir. Hidangan ini tidak hanya menawarkan rasa yang lezat tetapi juga memberikan nutrisi yang cukup untuk memulai hari.

Selain variasi dalam bahan tambahan, cara memasak Ful Medames juga bisa berbeda-beda. Ada yang memasaknya dengan menggunakan slow cooker untuk menjaga kacang tetap utuh dan lembut, sementara yang lain lebih memilih metode tradisional dengan memasaknya dalam panci di atas api kecil.

Resep Ful Medames

Berikut adalah resep Ful Medames yang diadopsi dari laman Food, yang bisa Anda coba di rumah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber