Sambut Kepulangan Jemaah Haji, Kemenkumham Sumsel Siapkan Pelayanan Keimigrasian

Sambut Kepulangan Jemaah Haji, Kemenkumham Sumsel Siapkan Pelayanan Keimigrasian

Kemenkumham Sumsel siapkan pelayanan keimigrasian menyambut kepulangan Jemaah Haji di Debarkasi Palembang, Senin (24/6/2024).--Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menyambut kedatangan Jemaah Haji 1445 Hijriah yang tiba di Debarkasi Palembang, Divisi Kemigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel menyiapkan sistem manual pelayanan keimigrasian.

Sistem manual tersebut disiapkan untuk mengantisipasi apabila sistem Pusat Data Nasional (PDN) masih belum pulih.

Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel KA Halim mengatakan, dengan menyiapkan sistem manual, Kemenkumham Sumsel hendak memastikan pelayanan keimigrasian bagi kepulangan Jemaah Haji tetap dapat berjalan dengan baik, tak terhambat jika sistem PDN masih mengalami gangguan.

"Kami memastikan pelayanan keimigrasian tetap bisa berjalan baik dengan sistem manual yang disiapkan," ucap Kabid Zinforkim Kanwil Kemenkumham Sumsel KA Halim di Palembang, Sabtu, 22 Juni 2024.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Monitoring dan Evaluasi di UKK Musi Banyuasin

Sistem resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Pusat Data Nasional, lanjut KA Halim, menjadi fasilitas bagi sistem elektronik dan komponen lain untuk menyimpan, menempatkan, mengolah, dan memulihkan data.

Dengan terjadinya gangguan pada sistem Pusat Data Nasional, sambung KA Halim, berpengaruh di pelayanan keimigrasian seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, terus KA Halim, untuk mengatasi masalah tersebut dalam menghadapi kedatangan Jemaah Haji asal Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Debarkasi Palembang, maka Kemenkumham Sumsel menyiapkan sistem manual.

Kabid Zinforkim Kemenkumahm Sumsel KA Halim menyampaikan, Kantor Imigrasi Palembang membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang beranggotakan sekitar 50 orang.

BACA JUGA:Pastikan Layanan Optimal, Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sumsel Tinjau Kanim Muara Enim

Satgas ini, lanjut KA Halim, disiapkan untuk melayani kedatangan 8.467 Jemaah Haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, yang dijadwalkan tiba pada tanggal 22 Juni sampai 15 Juli 2024.

“Berbagai persiapan yang dilakukan oleh petugas Kantor Imigrasi Palembang, pelayanan keimigrasian di Debarkasi Haji Palembang dalam beberapa pekan ke depan optimistis bisa berjalan dengan baik,” tegas Kabid Zinforkim KA Halim.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya mengungkapkan bahwa Kemenkumham Sumsel telah menyiapkan beberapa antisipasi untuk menyikapi berbagai kemungkinan kendala yang ada.

Namun, Ilham Djaya berharap sistem Pusat Data Nasional segera kembali pulih, supaya pelayanan penyambutan kepulangan Jemaah Haji ke Tanah Air dapat dikerjakan secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: