Harga Emas Anjlok 1% saat Paladium Melonjak ke Level Tertinggi dalam Satu Bulan

Harga Emas Anjlok 1% saat Paladium Melonjak ke Level Tertinggi dalam Satu Bulan

Harga Emas Anjlok 1% saat Paladium Melonjak ke Level Tertinggi dalam Satu Bulan--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Harga emas mengalami penurunan lebih dari 1% pada perdagangan Jumat (21/6/2024), tertekan oleh penguatan dolar AS dan meningkatnya imbal hasil obligasi AS setelah data menunjukkan aktivitas bisnis AS yang kuat.

Sementara itu,  paladiumlogam katalis otomotif melonjak ke level tertinggi dalam satu bulan. Mengutip Reuters, harga emas di pasar spot turun 1,7% menjadi US$2.319,95 per ounce. Harga emas berjangka AS juga turun 1,6% dan ditutup pada US$2.331,20.

Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities, menyatakan bahwa penurunan harga emas ini mungkin merupakan reaksi terhadap kenaikan suku bunga di pagi hari serta penguatan dolar setelah data ekonomi yang positif dirilis sebelumnya.

Aktivitas bisnis AS mencatat kenaikan ke level tertinggi dalam 26 bulan pada bulan Juni, didorong oleh pemulihan lapangan kerja. 

BACA JUGA:Korea Selatan Panggil Duta Besar Rusia Buntut Kesepakatan Dengan Korea Utara

Data yang dirilis pada Kamis (20/6) menunjukkan bahwa jumlah permohonan tunjangan pengangguran di AS mengalami penurunan moderat pada pekan sebelumnya.

Dolar AS menguat sebesar 0,2% hingga mencapai level tertinggi dalam lebih dari tujuh minggu, yang menyebabkan harga emas menjadi lebih mahal bagi pemilik mata uang lainnya.

Imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun juga mengalami kenaikan tipis setelah data ekonomi dirilis.

Para pedagang saat ini memperkirakan kemungkinan penurunan suku bunga The Fed pada bulan September sebesar 63%, sedikit berubah dari perkiraan pada Kamis malam, menurut CME FedWatch Tool.

BACA JUGA:Tim Tabur Kejati Sumsel Berhasil Tangkap Buronan Tersangka Korupsi Internet Desa Dinas PMD Musi Banyuasin

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk menyimpan emas batangan yang tidak menghasilkan bunga atau keuntungan.

Sementara itu, harga paladium spot melonjak 3,2% menjadi US$953,17 per ounce, setelah sebelumnya naik sebanyak 11,2% menjadi US$1.027,04 di awal sesi.

Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York, menyebutkan bahwa ada pembelian signifikan ETF paladium baru-baru ini yang menyebabkan kekurangan fisik jangka pendek dan memicu kemunduran di pasar berjangka.

Menurut Wong, hal ini menciptakan kekacauan di pasar EFP (Pertukaran Berjangka untuk Fisik) yang awalnya tipis, menyebabkan volatilitas dan short-covering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber