Mulai Tahun Ajaran Baru, Anak ADHD Juga Perlu Persiapan Sekolah

Mulai Tahun Ajaran Baru, Anak ADHD Juga Perlu Persiapan Sekolah

Mulai Tahun Ajaran Baru, Anak ADHD Juga Perlu Persiapan Sekolah-@ azizulhuq-freepik

Bagi orang tua yang memiliki anak dengan ADHD, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyiapkan mereka menghadapi usia sekolah. Langkah pertama adalah membuat anak merasa nyaman baik di sekolah maupun saat bermain dengan teman sebaya.

Membesarkan anak dengan ADHD bukanlah tugas yang mudah, namun Anda tidak perlu berkecil hati. Anda dapat meningkatkan pengetahuan mengenai ADHD dan cara mengatasinya melalui berbagai sumber seperti buku, situs web tepercaya, atau konsultasi dengan dokter.

BACA JUGA:ASUS Zenbook S 13 OLED: Menggali Pengalaman Komputasi Masa Depan dalam Desain Super Tipis dan Ringan!

*Memilih Sekolah yang Tepat*

Untuk membantu anak belajar dengan baik, memilih sekolah yang tepat sangat penting. Sekolah khusus yang diperuntukkan bagi anak dengan ADHD bisa menjadi pilihan. Namun, sekolah reguler juga bisa dipertimbangkan asalkan anak dapat mengikuti kelas dengan baik dan mendapatkan dukungan dari pihak sekolah.

Suasana kelas yang kondusif juga penting. Misalnya, Anda bisa meminta pihak sekolah untuk memberikan anak tempat duduk yang dekat dengan guru dan jauh dari pintu atau jendela yang bisa mengalihkan perhatiannya.

*Dukungan Emosional*

Selain fasilitas di sekolah, dukungan emosional juga sangat diperlukan. Anda bisa memberikan dukungan ini melalui percakapan ringan di rumah, seperti:

• Menanyakan kegiatan yang dilakukan anak di sekolah.

• Membantu anak menemukan solusi untuk kesulitan yang dihadapinya.

• Memberikan pujian atas pencapaian anak, misalnya dengan mengatakan, "Kamu hebat bisa menyelesaikan tugas ini tepat waktu, Ayah dan Ibu bangga."

BACA JUGA:Menjelajahi Keindahan Danau Tahai di Palangkaraya yang Menakjubkan

Percakapan seperti ini membuat anak merasa diperhatikan dan dihargai, yang dapat meningkatkan ikatan antara anak dan orang tua serta mengurangi tekanan dan stres. Dukungan ini akan berdampak positif pada kesehatan anak.

Memberikan dukungan berkelanjutan kepada anak dalam menghadapi gejala ADHD akan membantu mereka lebih bersemangat dalam mengatasi segala kesulitan yang dihadapi. Dengan persiapan dan dukungan yang tepat, anak dengan ADHD dapat lebih mudah menavigasi tantangan di sekolah dan kehidupan sehari-hari.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber