Sekda Sumsel Apresiasi Suksesnya Mobile Intellectual Property Clinic oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel

Sekda Sumsel Apresiasi Suksesnya Mobile Intellectual Property Clinic oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel

Sekda Sumsel Apresiasi Suksesnya Mobile Intellectual Property Clinic oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumsel sukses menggelar pembukaan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (19/6/2024).

Hadir dalam acara tersebut Pj Gubernur Sumsel yang diwakili Sekda Provinsi Sumatra Selatan, S.A. Supriono, didampingi Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Politik dan Keamanan, Drs. Ibnu Chuldun, BC.l.P., SH., M.Si, Plh Kepala Kantor Wilayah Rahmi Widhiyanti, dan Pj Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A, beserta undangan lainnya.

Pj Gubernur Sumsel Dr. Fatoni, M.Si yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, S.A. Supriono, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan Kanwil Kemenkumham Sumatra Selatan yang telah menginisiasi kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic Tahun 2024.

"Kemajuan teknologi mendorong industri kreatif kian bertumbuh. Ide kreatif yang berlimpah merupakan sumber daya tanpa batas dan memiliki nilai ekonomi sangat tinggi. Kita perlu sadar pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI), yang adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual," ucap Supriono.

BACA JUGA: IRT di Palembang Meninggal Dunia Usai Jadi Korban Tabrak Lari

Ia melanjutkan, Kekayaan Intelektual memerlukan perlindungan hukum agar terproteksi dan sah dicatatkan oleh negara. Adanya payung hukum yang melindungi kekayaan intelektual dapat mencegah penyalahgunaan oleh pihak lain. "Sudah selayaknya para pelaku ekonomi kreatif paham mengenai pentingnya HKI dalam menjaga orisinalitas ide," tambahnya.

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan selama empat tahun berturut-turut meraih penghargaan sebagai provinsi terinovatif tingkat nasional dalam ajang Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

"Mudah-mudahan tahun 2024 ini Provinsi Sumatra Selatan dapat kembali mempertahankan eksistensinya sebagai Provinsi Terinovatif Tingkat Nasional pada kegiatan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2024," harap Supriono.

Pada kesempatan ini, ia memberikan apresiasi kepada Kabupaten Muara Enim yang telah mendaftarkan Motif Batik Kujur menjadi salah satu wastra khas Sumatra Selatan. "Semoga Batik Kujur dapat dikenal masyarakat luas dan berimplikasi pada peningkatan perekonomian pengrajin Batik Kujur di Kabupaten Muara Enim," tutup S.A. Supriono.


Sekda Sumsel Apresiasi Suksesnya Mobile Intellectual Property Clinic oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

Di tempat yang sama, Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Politik dan Keamanan, Drs. Ibnu Chuldun, menuturkan bahwa HKI adalah aset soft power bagi pertahanan keamanan serta tercapainya target pembangunan ekonomi di wilayah maupun secara nasional.

Usai membuka peresmian “Mobile Intellectual Property Clinic (MIC)” di wilayah Provinsi Sumsel tahun 2024, Ibnu Chuldun mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya dan terima kasih bagi segenap undangan serta panitia, narasumber, dan semua stakeholder yang mendukung terlaksananya kegiatan ini.

"Sumatra Selatan dapat didorong untuk didaftarkan lebih lanjut dari lima target kinerja program kekayaan intelektual yang diturunkan ke wilayah. Langkah kolaborasi dalam memberikan layanan kekayaan intelektual di daerah dengan stakeholder untuk menyebarluaskan pemahaman potensi dan meningkatkan permohonan kekayaan intelektual di wilayah menjadi perhatian utama," jelasnya.


Sekda Sumsel Apresiasi Suksesnya Mobile Intellectual Property Clinic oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber