Boleh Dicoba Saat Mobil Melewati Jalan Menanjak

Boleh Dicoba Saat Mobil Melewati Jalan Menanjak

Mobil melewati tanjakan--Foto : freepik@Kjpargeter

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Saat sedang mendaki, jika power mesin sudah terasa cukup, jangan menambah atau mengurangi gas. Secara teori, pedal gas cukup diinjak hingga 80 persen, dengan sisanya digunakan sebagai tenaga cadangan untuk menjaga momentum. 

Hal ini akan membantu mobil untuk tidak berhenti atau merosot. Karena putaran gas yang berlebih tidak menghasilkan apa-apa, tenaga mesin bisa keluar sesuai torsi, dan ini terasa dari injakan pedal gas yang 'ngisi' di posisi rpm tertentu," tambahnya.

Melewati tanjakan bisa menjadi tantangan, terutama jika mobil tidak mampu menanjak dengan lancar. Namun, dengan beberapa tips yang tepat, Anda dapat menghindari masalah tersebut dan memastikan perjalanan yang aman dan lancar.

BACA JUGA:Jaga Mobil Tetap Awet Meski Jarang Dipakai

 

Berikut adalah beberapa saran untuk membantu Anda agar mobil tidak gagal menanjak.

Persiapan dan Posisi Sebelum Memulai Tanjakan

Sebelum memulai tanjakan, pastikan mobil berada pada posisi yang tepat. Gunakan gigi rendah seperti gigi 1 atau 2 pada mobil manual, atau gigi Drive (D) pada mobil otomatis.

Selain itu, pastikan tangan Anda berada di setir dan kaki Anda pada pedal rem untuk kontrol yang lebih baik saat memulai tanjakan.

BACA JUGA: Siapa Juaranya? Membongkar 3 Produsen Mobil Terbesar di Dunia


Memperhatikan cara-cara untuk melewati tanjakan--Foto: freepik@studiogstock

 

Hindari Mempercepat Terlalu Cepat

Ketika mulai mendaki, hindari mempercepat terlalu cepat atau terlalu banyak. Hal ini dapat menyebabkan roda tergelincir atau mobil kehilangan traksi. Sebaiknya, berikan akselerasi yang lancar dan perlahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber