Nokia Klaim Telah Lakukan Panggilan Suara dan Audio Imersif Pertama di Dunia Melalui Jaringan Seluler.

Nokia Klaim Telah Lakukan Panggilan Suara dan Audio Imersif Pertama di Dunia Melalui  Jaringan Seluler.

Nokia Klaim Telah Lakukan Panggilan Suara dan Audio Imersif Pertama di Dunia Melalui Jaringan Seluler.--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Nokia mendemonstrasikan panggilan suara dan audio imersif langsung pertama di dunia. Apa yang baru, bagaimana ini akan menguntungkan pengguna?.

Nokia mengklaim telah melakukan panggilan suara dan audio imersif pertama di dunia melalui jaringan seluler. Meskipun perusahaan tidak mengembangkan teknologi ini sendiri, Nokia mengklaim menjadi kontributor utama.

Dalam yang pertama di dunia, CEO dan Presiden Nokia Pekka Lundmark mengklaim telah berpartisipasi dalam panggilan suara dan audio imersif pertama di dunia melalui jaringan seluler.

Perusahaan yang berbasis di Finlandia ini menyebut acara ini sebagai tonggak sejarah karena merupakan lompatan terbesar dalam pengalaman panggilan suara langsung sejak pengenalan telepon monofonik.

BACA JUGA:GAC Aion Y Plus, Inovasi Mobil Listrik Terbaru dari China Hadir di Indonesia

Nokia berhasil mendemonstrasikan teknologi IVAS dalam panggilan waktu nyata meskipun teknologi ini belum diterapkan dalam jaringan seluler.

Panggilan langsung pertama ini menggunakan teknologi Immersive Voice milik Nokia untuk mencapai pengalaman tersebut melalui jaringan 5G publik.

Apa itu panggilan Suara dan Audio Imersif? Nokia mengklaim bahwa panggilan ini dimungkinkan oleh teknologi codec Layanan Suara dan Audio Imersif (IVAS) baru yang merupakan bagian dari standar 5G Advanced yang akan datang.

Codec IVAS memungkinkan konsumen mendengar suara secara spasial dalam waktu nyata, berbeda dengan pengalaman panggilan suara ponsel monofonik saat ini. Teknologi ini menyediakan pengalaman suara tiga dimensi bagi penelepon, daripada mengompresi suara ke dalam satu saluran.

BACA JUGA:Inilah Negara Yang Paling Sulit Dikunjungi, Mulai Dari Korea Utara hingga Suriah

Lundmark mendemonstrasikan dimensi akustik khas yang dapat dialami dengan teknologi IVAS baru kepada Stefan Lindstrom, Duta Besar Digitalisasi dan Teknologi Baru Finlandia, saat meneleponnya dari kampus Nokia di Espoo.

Setelah merasakan panggilan tersebut, Lindstrom mengatakan bahwa pengalaman suara dan audio imersif langsung yang diaktifkan oleh IVAS meningkatkan kekayaan dan kualitas panggilan, dan pengalaman suara tiga dimensi membuat interaksi lebih hidup dan menarik, membawa banyak manfaat baru bagi komunikasi pribadi dan profesional.

Dia menambahkan, "Teknologi komunikasi imersif juga akan membawa interaksi XR dan metaverse ke tingkat berikutnya."

Lundmark menambahkan bahwa, "Kami telah mendemonstrasikan masa depan panggilan suara. Teknologi audio revolusioner ini membawa Anda ke lingkungan penelepon, menciptakan pengalaman mendengarkan yang spasial dan sangat ditingkatkan untuk panggilan suara dan video, menawarkan manfaat signifikan bagi aplikasi perusahaan dan industri."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indian today.com