Marak Curanmor, Polisi Imbau Warga Pasang GPS di Kendaraan

Marak Curanmor, Polisi Imbau Warga Pasang GPS di Kendaraan

Pencuri sepeda motor di Perumahan Palem Bukit Arda Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur terekam kamera pengawas.--Tangkapan layar kamera pengawas rumah korban Fatimah

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID - Maraknya kasus pencurian di Kota PRABUMULIH mendapat banyak perhatian, baik dari aparat penegak hukum hingga pemerintah daerah.

Terbaru, kasus curanmor dalam satu malam kehilangan tiga motor sekaligus di Perumahan Palem Bukit Arda Kelurahan Karang Raja Kecamatan Prabumulih Timur.

Sebelumnya warga juga resah dengan pelaku yang mencuri tiga pompa air serta membobol kios jajanan di Taman Tugu Kecil dan Taman Prabujaya.

Atas banyaknya kejadian kejahatan itu, Kapolsek Prabumulih Timur AKP Herry mengajak masyarakat untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan, seperti memasang kunci pengaman dan GPS di kendaraan.

BACA JUGA:Pencuri ‘Panen’ 3 Sepeda Motor dalam Semalam

BACA JUGA:Sumur Minyak Ilegal Terbakar, Polisi Amankan Satu Orang Tersangka

AKP Herry mengatakan dengan pemasangan GPS dapat mempermudah pihaknya mengungkap kasus-kasus kejahatan.

"Semakin maraknya pencurian kendaraan motor di sini alangkah baiknya kita tingkatkan keamanan kewaspadaan. Bagi pemilik kendaraan bermotor mungkin ditambah kunci tambahan, bisa juga menanamkan GPS. Itu lebih memudahkan kami mengungkap karena kami ada alat untuk tracking GPS," ujar AKP Herry.

Tidak hanya pihak kepolisian, Walikota Prabumulih Ridho Yahya turut memberikan saran ke warga. Di antaranya meminta mengaktifkan kembali Siskamling dan tidak sembarang meletakkan kendaraan.

"Yang pertama Siskamling kita hidupkan lagi. Kedua, warga harus waspada juga jangan diletakkan sembarangan, dikunci tambahan atau dimasukkan ke rumah. Kepada Lurah juga diajak warganya aktifkan Siskamling," ungkap Ridho Yahya.

BACA JUGA:Hilux Hantam Lexi, Satu Korban Meninggal Dunia di Lokasi Kejadian

BACA JUGA:Memasuki Usia 40 Tahun Sebagai Muslim: Merenung, Mengukur dan Membangun Makna Hidup

Untuk mengantisipasi maraknya aksi kejahatan, mulai 1 Juni 2023 sebanyak 140 personel Polisi RW di lingkungan Polres Prabumulih mulai bertugas.

Polisi RW yang dilantik bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv