Elon Musk Rencanakan Bangun Superkomputer Terbesar : Gigafactory of Compute untuk AI

Elon Musk Rencanakan Bangun Superkomputer Terbesar :  Gigafactory of Compute untuk AI

Elon Musk Rencanakan Bangun Superkomputer Terbesar : Gigafactory of Compute untuk AI--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Elon Musk berencana membangun superkomputer terbesar di dunia, yang dijuluki Gigafactory of Compute, di Memphis, Tennessee. Proyek AI ambisius ini menjanjikan akan menciptakan ratusan lapangan kerja.

Elon Musk sedang membangun superkomputer yang diklaimnya sebagai yang terbesar di dunia.

Mesin mega ini kemungkinan besar akan dibangun di Memphis, Tennessee. Proyek ambisius Musk, yang dijuluki Gigafactory of Compute, akan menjadi investasi terbesar dalam sejarah kota tersebut, menjanjikan untuk menciptakan ratusan lapangan kerja dan meningkatkan profil teknologi Memphis.

Superkomputer baru ini akan didukung oleh GPU H100 dari Nvidia, salah satu chip yang paling dicari untuk aplikasi kecerdasan buatan.

BACA JUGA:Raditya Dika di Vindes Ungkap Serunya Bermain Game Stardew Valley

Menurut pernyataan dari Greater Memphis Chamber, xAI telah bekerja sama dengan pejabat setempat sejak Maret untuk mewujudkan visi ini. Jika disetujui, proyek ini bertujuan untuk online pada musim gugur 2025.

Dalam pernyataan kepada Business Insider, Ted Townsend, Presiden dan CEO dari Greater Memphis Chamber, menyoroti bahwa meskipun jadwalnya belum spesifik, pekerjaan seputar xAI sedang berjalan "sangat agresif" untuk memenuhi tenggat waktu.

Musk sebelumnya mengatakan kepada investor xAI bahwa dia ingin superkomputer ini online pada musim gugur 2025.

Superkomputer yang diusulkan ini merupakan investasi bernilai miliaran dolar dan diharapkan dapat menciptakan ratusan lapangan kerja serta menarik investasi signifikan, sejalan dengan rencana Musk untuk memajukan teknologi AI dan mempertahankan momentum kompetitif melawan raksasa teknologi seperti OpenAI, Google, dan Meta.

BACA JUGA: Berkas Perkara Tersangka Kasus Sodomi Dinyatakan Lengkap Oleh JPU Kejati Sumsel

Adapun lokasi proyek, proyek ini belum resmi, masih menunggu persetujuan dari Memphis Shelby County Economic Development Growth Engine, Tennessee Valley Authority, dan otoritas pemerintah lainnya.

Kota ini juga sedang membahas potensi keringanan pajak dan insentif lainnya untuk menarik xAI. "Kami memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, jangan salah," kata Townsend kepada BI. "Tapi kami sangat bersyukur atas minat dari Elon, eksekutifnya, dan tim xAI."

Meskipun detail spesifik tentang lokasi fasilitas tetap dirahasiakan demi alasan keamanan, laporan menunjukkan bahwa itu mungkin menempati bekas fasilitas Electrolux Memphis, menurut Memphis Business Journal.

Menurut laporan tersebut, Greater Memphis Chamber terlibat dalam proyek ini sekitar 90 hari yang lalu, dan upaya telah meningkat secara signifikan sejak saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber