Baterai HP Kamu Cepat Habis? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Baterai HP Kamu Cepat Habis? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Baterai Hp Kamu Cepat Habis--Foto : unsplash.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Handphone (hp) sekarang telah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, hp juga telah mengubah cara kita dalam berinteraksi serta berkomunikasi.

Kita menghabiskan banyak waktu untuk berhubungan dengan orang lain, bekerja, bermain game, atau mengakses konten hiburan melalui ponsel pintar ini.

Tingginya frekuensi penggunaan ponsel untuk berbagai aktivitas tentu mempengaruhi konsumsi baterai perangkat kita. Akibatnya, kita seringkali harus mengisi ulang daya ponsel secara teratur, karena baterai yang cepat habis menjadi tantangan utama dalam penggunaan perangkat ini.

Baterai hp yang cepat habis adalah masalah umum yang sering dikeluhkan oleh pengguna di seluruh dunia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan baterai ponsel cepat terkuras, mulai dari penggunaan aplikasi yang berlebihan, hingga pengaturan ponsel yang tidak optimal. Memahami alasan di balik cepat habisnya baterai dapat membantu kamu mengambil langkah-langkah untuk memperpanjang masa pakai perangkatmu.

BACA JUGA: Memeriksa Kesehatan Baterai Kunci Utama Memaksimalkan Performa Mobil Listrik Anda


Penyebab Baterai hp yang cepat habis --Foto: Unsplash.com

Berikut ulasan mengenai kenapa baterai hp cepat habis beserta penyebab dan cara memperbaikinya yang telah dirangkum dari beraneka sumber.

Ukuran layar yang terlalu besar

Alasan mengapa baterai ponsel cepat habis adalah karena layar yang berukuran besar. Hal tersebut dapat mengonsumsi banyak daya. Untuk memeriksa penggunaan baterai, kamu bisa masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih opsi baterai, dan klik penggunaan baterai.

Setelah itu, pilih tampilkan penggunaan perangkat secara penuh. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi konsumsi baterai pada layar ponsel yang berukuran besar, yaitu:

BACA JUGA:Hyundai Kona EV Menggunakan Baterai Buatan Lokal, Sudah Bisa Dipesan dengan Harga Sekitar Rp500 Juta

Turunkan kecerahan layar: layar yang lebih redup akan membantu menghemat daya baterai.

Aktifkan kecerahan adaptif: fitur ini akan menyesuaikan kecerahan layar sesuai kebutuhan pengguna, juga membantu menghemat baterai ketika kecerahan tinggi tidak diperlukan.

Kurangi refresh rate layar: beberapa perangkat mendukung layar dengan refresh rate tinggi yang dapat diatur dalam pengaturan. Semakin tinggi refresh rate layar, semakin banyak memakan daya baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber