Mengenali Tanda-Tanda Wajah yang Terpapar Merkuri, Hati-Hati!

 Mengenali Tanda-Tanda Wajah yang Terpapar Merkuri, Hati-Hati!

Mengenali Tanda-Tanda Wajah yang Terpapar Merkuri, Hati-Hati!-azerbaijan_stockers-freepik

Berikut adalah tanda-tanda wajah terpapar merkuri yang penting untuk diketahui.

1. Iritasi pada Kulit Wajah Salah satu efek samping merkuri yang paling umum adalah iritasi pada kulit wajah. Iritasi biasanya menimbulkan gejala seperti perih, gatal, dan kemerahan di wajah.

Jika timbul reaksi seperti ini setelah menggunakan produk skincare atau kosmetik, sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter kulit untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

2. Kulit Wajah Mudah Terkelupas Kulit wajah yang mudah mengelupas juga bisa menjadi tanda wajah terpapar merkuri. Hal ini biasanya terjadi setelah penggunaan merkuri dalam jangka panjang. Semakin lama penggunaan produk kecantikan bermerkuri, kulit akan semakin mudah mengelupas, sehingga terasa perih.

3. Lapisan Kulit Wajah Menipis Tanda lain wajah terpapar merkuri adalah lapisan kulit wajah yang semakin menipis. Hal ini terjadi karena kulit terlalu sering mengalami pengelupasan. Akibatnya, skin barrier rusak dan kulit wajah menjadi lebih sensitif serta rentan terhadap masalah seperti jerawat.

BACA JUGA:Ruang Guru SMP Negeri 19 Palembang Hangus Terbakar, Proses Belajar Berjalan Seperti Biasa

4. Ruam Kemerahan Tanda lain wajah terpapar merkuri adalah munculnya ruam kemerahan pada kulit wajah. Senyawa klorida dalam krim bermerkuri dapat menyebabkan kulit terasa terbakar, disertai dengan rasa panas. Ruam bisa muncul secara perlahan atau cepat, tergantung intensitas penggunaan produk bermerkuri.

5. Perubahan Warna Kulit Wajah Selain ruam kemerahan, senyawa klorida juga dapat menghambat produksi melanin sehingga kulit menjadi lebih putih dengan cepat. Salah satu tanda wajah terpapar merkuri adalah perubahan warna kulit yang menjadi lebih putih secara instan.

Namun, perlambatan produksi melanin ini dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak merata, sehingga muncul flek hitam atau hiperpigmentasi pada wajah.

6. Timbul Jaringan Parut Timbulnya jaringan parut pada wajah juga merupakan tanda wajah terpapar merkuri. Produk kosmetik bermerkuri membuat kulit sensitif dan rentan mengalami masalah, sehingga saat penyembuhan luka, jaringan parut bisa terbentuk.

Kondisi ini sulit diatasi dan memerlukan perawatan khusus di klinik atau rumah sakit, serta dapat menurunkan rasa percaya diri terhadap penampilan.

Jangan tergiur dengan hasil instan dari produk bermerkuri. Utamakan keselamatan kulit Anda dengan memilih produk yang aman dan bebas merkuri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber