Jaga Rahasia Anda, Strategi Berbelanja Aman dan Proteksi Data Pribadi Online!

 Jaga Rahasia Anda, Strategi Berbelanja Aman dan Proteksi Data Pribadi Online!

Jaga Rahasia Anda, Strategi Berbelanja Aman dan Proteksi Data Pribadi Online!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Berbelanja secara online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.  Meski menawarkan berbagai kemudahan, ada juga risiko keamanan yang meningkat terutama terkait data pribadi

Melindungi informasi pribadi saat berbelanja online sangat penting untuk mencegah penipuan dan pencurian identitas.  Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk memastikan data pribadi tetap aman selama berbelanja online. 

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik 

Menggunakan kata sandi yang kuat dengan memastikan kata sandi mencakup kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan symbol.  Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun agar jika satu kata sandi terungkap akun lainnya tetap terlindungi. 

BACA JUGA:Dilema Cuaca Ekstrim, Bagaimana Motor Bereaksi dan Strategi untuk Bertahan?

Aktifkan autentikasi dua faktor 

Autentikasi dua faktor (2FA) menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan meminta verifikasi kedua selain kata sandi.  Dapat berupa kode yang dikirim ke ponsel  atau melalui aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator. 

Dengan 2FA jika seseorang mengetahui kata sandi anda, mereka tetap memerlukan langkah verifikasi kedua untuk mengakses akun anda. 

Belanja di situs terpercaya 

Pastikan untuk selalu berbelanja di situs web yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.  Selalu periksa ulasan dan penilaian dari pengguna lain sebelum melakukan pembelian.  Situs web yang aman biasanya memiliki URL yang dimulai dengan "https://" yang menandakan bahwa mereka menggunakan enkripsi SSL untuk melindungi data Anda.


Jaga Rahasia Anda, Strategi Berbelanja Aman dan Proteksi Data Pribadi Online!-freepik-freepik

Periksa kebijakan privasi 

Sebelum memasukkan informasi pribadi Anda, tinjau kebijakan privasi situs tersebut, Situs terpercaya akan transparan tentang bagaimana mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi informasi pribadi Anda.

Gunakan metode pembayan aman 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber