Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Jangan Panik, Lakukan Cara Ini!

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Jangan Panik, Lakukan Cara Ini!

Membersihkan keyboard laptop-@RosZie-pixabay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pernahkah kamu mengalami keyboard yang tiba tiba tidak berfungsi? Jangan panik dulu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan secara mandiri sebelum membawanya ke tempat service.

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras utama dalam penggunaan laptop. Ketika keyboard tidak berfungsi, aktivitas sehari-hari yang biasanya menggunakan laptop bisa terhambat.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Sebelum mencari solusinya, ada baiknya kamu memahami beberapa penyebab umum mengapa keyboard laptop tidak berfungsi.

Penyebab umum dan sederhana yang sering menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi diantaranya ada debu atau kotoran masuk ke keyboard, tombol ada yang terkunci atau stuck, Driver tidak di update, ada masalah pada sistem operasi, ada aplikasi atau virus yang mengganggu, usia laptop sudah cukup tua, dan lainnya.

BACA JUGA:Handphone Kemasukan Air? Ini Langkah-langkah Darurat yang Harus Kamu Tahu!

Nah, untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Cara mengatasi keyboard tidak berfungsi

Restart Laptop

Terkadang keyboard yang tidak berfungsi terjadi secara tiba tiba dan tidak jelas alasannya. Jika keyboard tiba-tiba tidak berfungsi dan kamu merasa tidak melakukan apa-apa, cobalah untuk merestart laptop terlebih dahulu.

Bersihkan Keyboard

Bersihkan keyboard dengan menggunakan udara bertekanan (compressed air) atau vakum kecil khusus untuk elektronik. Pastikan laptop dalam keadaan mati saat membersihkannya. Jika memungkinkan, buka tombol dan bersihkan bagian dalamnya dari debu dan kotoran.

Periksa tombol keyboard

Periksa setiap tombol dan coba lepaskan tombol yang mungkin terkunci dengan hati-hati. Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau alat tipis untuk mengangkat tombol jika perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber