Fitur 'Acara di Komunitas WhatsApp Kini Tersedia di Indonesia, Pengguna Membuat Undangan Langsung di Grup

Fitur 'Acara di Komunitas WhatsApp Kini Tersedia di Indonesia, Pengguna Membuat Undangan Langsung di Grup

Fitur 'Acara di Komunitas WhatsApp Kini Tersedia di Indonesia, Pengguna Membuat Undangan Langsung di Grup--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada awal Mei lalu, CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan sebuah fitur baru untuk platform WhatsApp, khususnya untuk fitur Komunitas (Community), yang diberi nama Acara (Event). Fitur ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membuat undangan acara secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp.

Sebelumnya, untuk membuat undangan acara, pengguna harus membuat pesan secara manual, yang tentu saja memerlukan lebih banyak usaha dan waktu. Namun, dengan kehadiran fitur Event ini, proses pembuatan undangan acara menjadi jauh lebih mudah dan efisien.

Satu bulan setelah pengumuman tersebut, fitur Event akhirnya sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia. Berdasarkan pantauan KompasTekno pada Rabu (29/5/2024), fitur Event dapat diakses dengan mengeklik ikon "Lampirkan" yang terletak di pojok kanan bawah jendela percakapan grup dalam suatu Komunitas.

Ikon ini sudah familiar bagi pengguna WhatsApp sebagai tempat untuk melampirkan berbagai jenis file dan dokumen. Kini, dengan tambahan fitur Event, ikon tersebut menjadi lebih fungsional dan membantu dalam perencanaan acara.

BACA JUGA:Fitur Baru Untuk Platform WhatsApp, Khusus Komunitas (Community) yang diberi nama Acara (Event)

Setelah mengeklik ikon "Lampirkan", pengguna akan menemukan opsi baru berupa menu "Acara" yang dapat digunakan untuk membuat undangan atau acara baru. Proses pembuatan undangan cukup intuitif. Pengguna dapat mengisi berbagai detail acara yang diperlukan, seperti nama acara, deskripsi, tanggal, dan lokasi acara. Detail ini memastikan bahwa semua informasi penting mengenai acara tersebut tersedia bagi para undangan.

Selain detail dasar seperti nama, deskripsi, tanggal, dan lokasi, pada menu detail Event, pengguna juga memiliki opsi untuk menambahkan tautan panggilan (link) WhatsApp, baik untuk panggilan suara maupun video. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang tidak dapat hadir secara fisik di lokasi acara.

Dengan adanya tautan panggilan, peserta yang tidak bisa datang secara langsung tetap dapat mengikuti acara secara online. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan memastikan bahwa acara dapat diikuti oleh lebih banyak orang, terlepas dari lokasi mereka.

Setelah semua detail acara diisi dengan lengkap, pengguna dapat menekan tombol "Kirim" untuk mengirimkan undangan acara tersebut ke anggota grup dalam Komunitas WhatsApp. Proses pengiriman undangan ini mirip dengan mengirim pesan biasa, sehingga sangat mudah dan cepat. Ketika sebuah Event sudah dibuat dan dikirimkan, pengguna masih memiliki kontrol penuh atas undangan tersebut.

BACA JUGA:Metode Menyimak Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Terdeteksi


Satu bulan setelah pengumuman tersebut, fitur Event akhirnya sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia. --Foto : Freepik.com

Pengguna dapat mengubah detail Event kapan saja dengan mengeklik tombol "Edit event". Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menghapus Event yang sudah dibuat jika ada kesalahan dalam informasi atau jika acara tiba-tiba dibatalkan. Namun, perlu dicatat bahwa hanya pengguna yang membuat Event yang memiliki hak untuk mengedit atau menghapus detail undangan acara tersebut.

Sementara itu, pengguna lain yang menerima undangan acara ini hanya akan memiliki opsi untuk melihat undangan tersebut dan menggunakan tombol "Balas" untuk merespons. Tombol "Balas" ini berfungsi untuk memberikan konfirmasi apakah mereka bisa hadir atau tidak di acara yang sudah direncanakan. Ini membantu pengorganisir acara untuk mendapatkan gambaran tentang jumlah peserta yang akan hadir dan mempersiapkan acara dengan lebih baik.

Perlu diingat bahwa fitur Event di menu Lampirkan ini hanya tersedia di dalam grup yang sudah tergabung dalam Komunitas WhatsApp. Ini berarti grup "reguler" yang tidak tergabung dalam Komunitas WhatsApp untuk saat ini belum bisa membuat Event menggunakan fitur ini. Fitur ini secara khusus dirancang untuk mendukung dan memperkuat fungsi Komunitas WhatsApp, yang memungkinkan koordinasi dan komunikasi yang lebih baik di antara anggota grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber