Mobil dengan Penggerak Roda Depan Semakin Diminati ! Inilah Alasannya !

Mobil dengan Penggerak Roda Depan Semakin Diminati ! Inilah Alasannya !

Mobil dengan Penggerak Roda Depan Semakin Diminati ! --Foto : Tangkapan Layar youtube.com/@ridwanhr

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Saat ini, banyak produsen mobil yang memproduksi kendaraan harian dengan sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).  

Meskipun sering kali dipandang sebelah mata, terutama dalam hal performa pada medan tanjakan jika dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang (RWD), FWD memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya unggul dalam berbagai aspek.

Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari mobil berpenggerak roda depan.

Menurut artikel Car and Driver yang berjudul "The Advantages of Front-Wheel Drive" (Keuntungan Menggunakan Mobil Penggerak Depan), disebutkan bahwa mobil FWD memiliki komponen yang lebih ringkas, yang menghasilkan kabin yang lebih luas dan efisiensi yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Mobil Gerak Roda Depan vs. Roda Belakang - Keuntungan dan Kerugian yang Mesti Diketahui!

Menurut Car and Driver, penggunaan FWD membebaskan ruang untuk tempat duduk interior dan ruang kargo, dan dalam kasus mesin melintang, memberikan lebih banyak ruang antara bagian depan mobil dan penumpangnya.

Meskipun banyak yang meragukan kemampuan mobil FWD di tanjakan, sebenarnya mobil ini lebih handal saat melewati jalan licin.

Selain itu, hal yang membuat sistem penggerak roda depan tidak kalah saing kemampuannya juga dikarenakan konstruksi penggerak depan menempatkan komponen terberat kendaraan di atas ban yang menggerakkannya, sehingga meningkatkan traksi pada permukaan jalan yang licin.

Tidak hanya itu, media otomotif inggris Motortrend, media otomotif dari Inggris, juga memandang mobil FWD sebagai pilihan yang lebih 'aman' untuk penggunaan sehari-hari, sementara keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan dalam menangani manuver mobil.

BACA JUGA:Bingung Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam? Ini rahasianya.

Jika diuraikan satu-persatu, berikut ini beberapa kelebihan utama dari mobil dengan sistem penggerak roda depan (FWD).

1. Efisiensi Ruang dan Berat

Mobil FWD cenderung memiliki desain yang lebih kompak karena mesin dan sistem transmisi berada di bagian depan kendaraan. Konfigurasi ini mengurangi panjang total drivetrain, sehingga menghemat ruang dan mengurangi berat kendaraan. Hasilnya, kabin menjadi lebih luas dan bobot kendaraan lebih ringan, yang berkontribusi pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber