Ford Mustang GTD: Magnet Baru Penggemar Otomotif Dunia

Ford Mustang GTD: Magnet Baru Penggemar Otomotif Dunia

Ford Mustang GTD: Magnet Baru Penggemar Otomotif Dunia--Foto : tangkapan layar motor1.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ford Mustang GTD, dengan harga estimasi $325,000, menjadi Mustang termahal dalam sejarah 60 tahun mobil ini. Harga tinggi tersebut ternyata tidak menghalangi ribuan peminat untuk mendaftarkan diri dalam proses aplikasi pembelian.

Selama 37 hari pendaftaran dibuka di Amerika Serikat dan Kanada, lebih dari 7,500 aplikasi masuk. Kini, giliran Eropa untuk ikut serta dalam perebutan supercar ini—dengan momen debut di ajang 24 Hours of Le Mans pada bulan Juni.

Mustang GTD bukan hanya menarik dari sisi harga dan eksklusivitas, tetapi juga ambisi besar Ford untuk mencatat rekor baru di Nürburgring.

Target mereka adalah waktu putaran di bawah tujuh menit, yang akan menjadikan GTD sebagai mobil produksi Amerika tercepat di sirkuit legendaris tersebut, mengalahkan Dodge Viper ACR. Uji coba intensif terus dilakukan hingga target tersebut tercapai.

BACA JUGA:Ford Mustang Dark Horse: Menghidupkan Kembali Kejayaan Muscle Car V-8

Greg Goodall, Chief Program Engineer untuk Mustang GTD, menyatakan, “Kami telah menguji Mustang GTD secara ekstensif di Amerika Utara, termasuk di Sebring International Raceway dan Virginia International Raceway.

Semua ini demi merancang mobil yang mampu mencatatkan waktu putaran di Nürburgring di bawah tujuh menit. Langkah berikutnya adalah pengujian di jalan-jalan Eropa dan sesi uji khusus di Nürburgring, sebelum melakukan putaran resmi di akhir tahun ini.”

Patut dicatat bahwa lebih dari 7,500 aplikasi jauh melampaui rencana produksi Ford untuk GTD. Dalam aplikasinya, Ford mencantumkan kisaran produksi 300 hingga 700 unit per tahun, dan untuk saat ini, hanya diproduksi untuk tahun 2025 dan 2026. Dengan demikian, akan ada 600 hingga 1,400 unit yang tersedia untuk lebih dari 7,500 calon pembeli, sementara pendaftaran di Eropa, Meksiko, dan Timur Tengah belum dimulai.

Lalu, siapa yang mengantri untuk membeli Mustang seharga $325,000? Menurut Ford, ada keterkaitan kuat dengan dunia motorsport. Sekitar 20 persen dari pendaftar memiliki hubungan dengan balap dalam berbagai bentuk, namun menariknya, hanya satu dari empat pendaftar yang sudah memiliki Mustang.

BACA JUGA:Ford Mustang Klasik Terlahir Kembali Sebagai Binatang Resto STL-1 Tanpa Atap

Dengan tenaga lebih dari 800 horsepower, suspensi yang diadaptasi dari GT3, dan transmisi yang dipasang di belakang untuk distribusi bobot mendekati 50/50, Mustang GTD adalah kendaraan yang sangat berbeda dari Mustang sebelumnya. Menarik untuk melihat berapa banyak aplikasi yang akan diterima pada akhirnya, dan apakah Ford akan mengubah rencana produksinya untuk mengakomodasi tingginya permintaan.

Sementara itu, antusiasme terhadap Mustang GTD juga terlihat dari komentar-komentar publik. Seorang pengguna bernama Bill Fenwick berpendapat, “Jika mereka membuat 1,400 unit, saya berharap 1,000 di antaranya akan muncul di pelelangan dalam beberapa tahun.” Ini mengindikasikan bahwa banyak yang melihat GTD sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Salah satu netizen yang bernama TheAlchemist juga mengutarakan pandangan serupa, “Tepat sekali. Ini akan menjadi investasi. mendapatkan untung cepat $200,000 dalam beberapa tahun.”

Dengan demikian, Ford Mustang GTD tidak hanya menawarkan performa tinggi dan teknologi canggih, tetapi juga menjadi simbol prestise dan potensi investasi yang menjanjikan. Dalam beberapa bulan ke depan, perhatian akan tertuju pada pencapaian Mustang GTD di Nürburgring dan bagaimana Ford akan merespons antusiasme global terhadap supercar mereka. Tantangan bagi Ford adalah memastikan bahwa produksi dan distribusi dapat memenuhi ekspektasi pasar tanpa mengorbankan eksklusivitas yang menjadi daya tarik utama dari Mustang GTD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: motor1.com