Ford Mustang Klasik Terlahir Kembali Sebagai Binatang Resto STL-1 Tanpa Atap

Ford Mustang Klasik Terlahir Kembali Sebagai Binatang Resto STL-1 Tanpa Atap

Ford Mustang Klasik Terlahir Kembali Sebagai Binatang Resto STL-1 Tanpa Atap--Foto : Mustang Thanos Pappas

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ford Mustang asli adalah salah satu mobil otot paling ikonik dalam sejarah. Namun apa jadinya jika Anda menyerahkannya ke tangan ahli desain Italia? Masuki dunia BorromeodeSilva. Dan ya, mereka tidak hanya mengembalikannya ke kejayaannya.

Oh tidak. Mereka mengubahnya menjadi STL-1, monster crossover bertenaga V8 yang dibuat untuk sensasi off-road dan petualangan di udara terbuka.

Perusahaan yang berbasis di Milan ini tidak asing dengan bisnis restomod, setelah mengerjakan desain Automobili Amos Futurista (Lancia Delta), Lamborghini Diablo dari Eccentrica, dan Porsche 928 dari Nardone Automotive. Proyek STL-1 baru dikembangkan secara in-house.

Pada Ford Mustang Fastback 1968, yang telah “direvisi dan dimodernisasi sepenuhnya” baik secara estetis maupun mekanis.

BACA JUGA:Suzuki Jimny! Solusi Terbaik untuk Melibas Medan Off-Road dengan Teknologi 4x4

Bagian luar yang paling tahan banting? Sangkar tubular yang dibuat khusus yang menghilangkan atap, menawarkan opsi untuk penutup yang dipersonalisasi. Dibuat seluruhnya dari “baja khusus kelas otomotif”, bodinya merupakan kreasi sederhana.

Meski tetap menghormati desain aslinya, mobil ini menawarkan perubahan yang menarik seperti lampu kabut bergaya reli di bagian depan dan ekor yang lebih ramping.

STL-1 mengendarai satu set roda Turbin yang dibalut ban segala medan Pirelli Scorpion. Ground clearance-nya telah ditingkatkan “beberapa sentimeter”, dengan pelat selip dan pelindung bagian bawah bodi mobil membuatnya lebih tahan lama di luar lintasan.

Sasis mobil poni klasik juga telah diubah agar sesuai dengan semangat petualangnya. Pikirkan peningkatan yang ditingkatkan seperti suspensi independen, coil-over berperforma tinggi, dan lengan kendali tubular baru.

BACA JUGA:Apa Motor Trail Yamaha yang Tangguh? Inilah 4 Rekomendasi Motor YZ Series Dapat Diandalkan Untuk Off-Road!

Ditambah lagi, terdapat poros gandar bersendi CV dan kotak kemudi rack-and-pinion manual dengan tie rod dan bushing untuk menjaga kelincahan. Dan jangan lupakan sistem pengereman yang lebih kuat, dengan cakram yang lebih besar (11 inci di depan, 10,5 inci di belakang) dipasangkan dengan kaliper aluminium untuk tenaga pengereman maksimum.

Di balik kap mobil klasik ini terdapat mesin Road Runner V8 5,0 liter modern yang bersumber dari Ford Mustang Boss 302 2012, yang awalnya menghasilkan tenaga 444 hp (331 kW / 450 PS) dan torsi 380 lb-ft (515 Nm).

Motor Ford berbasis Coyote dilengkapi dengan poros engkol baja tempa, piston aluminium tempa, kepala silinder dengan lubang CNC, intake manifold aliran tinggi dari pembalap 302R, dan poros bubungan yang direvisi dengan profil knalpot angkat tinggi.

Tenaga disalurkan ke gandar belakang dengan bantuan limited-slip differential baru. Lebih jauh lagi, BorromeodeSilva menambahkan knalpot performa tinggi baru yang terbuat dari “bahan luar angkasa yang canggih.”

BACA JUGA:IOF X Fest 2024: Membawa Semangat Off-road ke Pameran Otomotif Terbesar

Kabin terbuka juga telah dirombak, menganut etos desain minimalis dan terarah. Kita bisa melihat cluster instrumen digital baru bertema retro di belakang kemudi berspesifikasi reli, sakelar sakelar bergaya pesawat di dasbor, dan desain tubular untuk konsol tengah dan kursi bucket yang hadir tanpa sandaran kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber