Cara Mendapatkan Hidayah Allah SWT dan Memahami Makna Hidayah Bagi Seorang Muslim

Cara Mendapatkan Hidayah Allah SWT dan Memahami Makna Hidayah Bagi Seorang Muslim

Cara Mendapatkan Hidayah Allah SWT dan Memahami Makna Hidayah Bagi Seorang Muslim--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernah mendengar kata "hidayah"? Umat muslim tentu tidak asing lagi dengan kata tersebut.

Biasanya, ketika ada seseorang yang jauh dari ajaran Allah SWT, orang tersebut seringkali didoakan semoga mendapat hidayah.

Lantas, apa sebenarnya makna dari hidayah itu dan bagaimana cara mendapatkannya? Mari simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

 Mengutip dari laman tafsiralquran.id, kata hidayah merujuk pada istilah yang berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata hada-yahdi-hadyan-hidayatan, yang memiliki arti menunjukkan atau petunjuk dengan kasih sayang. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah hidayah memiliki arti petunjuk atau bimbingan dari Allah SWT.

 BACA JUGA:7 Cara Mendapatkan Hidayah Allah dan Istiqomah Menjalaninya


Memahami Makna Hidayah --Foto : Freepik.com

Sejatinya, hidayah adalah hak prerogatif Allah SWT; manusia hanya bisa berusaha untuk memperolehnya. Hidayah merupakan bukti kekuasaan Allah SWT terhadap hamba-Nya. Hidayah adalah hal yang paling penting dalam kehidupan manusia, sebab keselamatan dan kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat terletak pada hidayah Allah SWT.

Sehingga barangsiapa yang dimudahkan oleh Allah SWT untuk meraihnya, maka sungguh ia termasuk golongan orang yang beruntung.

 

Dalam Quran surah al-A'raaf: 178, Allah SWT berfirman, yang artinya:

“Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk ; dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi” (QS al-A’raaf: 178).

BACA JUGA:Inilah Ciri-ciri Istri Pembawa Rezeki bagi Suami, Istri Harus Tahu!

Makna dari hidayah bisa dibilang erat kaitannya dengan petunjuk yang membawa manusia lebih dekat kepada Tuhan. Sebagaimana makna hidayah ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-An’aam ayat 125, yang artinya:

“Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya hidayah (petunjuk), niscaya Ia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber