Siap Digelar: Ini Agenda Penting World Water Forum ke-10 di Bali

Siap Digelar: Ini Agenda Penting World Water Forum ke-10 di Bali

Agenda Penting World Water Forum ke-10 di Bali--Foto : InfoPublik.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia siap menggelar World Water Forum ke-10 di Bali dengan serangkaian agenda untuk pengelolaan Sumber Daya Air. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyampaikan kesiapan ini dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali pada Kamis, 16 Mei 2024.

Mulai Sabtu, 18 Mei 2024, akan ada Balinese Water Purification Ceremony di Kura-Kura Bali (KKB) yang menyoroti tradisi Bali menjadikan air sebagai elemen suci, diikuti oleh sekitar 2.000 peserta. Gala Dinner akan menyusul pada Minggu, 19 Mei 2024, di Garuda Wisnu Kencana.

Pembukaan resmi forum dijadwalkan pada Senin, 20 Mei 2024, di Bali International Convention Center (BICC) pagi hari. Presiden Joko Widodo akan memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada hari yang sama.

"Pembukaan akan dibagi menjadi dua lokasi, dengan total sekitar 6.000 peserta. Sore harinya, akan ada Bali Art Karnival di Nusa Dua," kata Basuki dalam siaran pers yang diterima InfoPublik pada Jumat, 17 Mei 2024.

BACA JUGA:Elon Musk Hadiri World Water Forum ke-10 di Bali

Acara World Water Forum ke-10 juga mencakup Pameran (Fair and Expo) mulai Senin, 20 Mei 2024, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali Collection, dan Pantai Kuta.

"Di BNDCC, terdapat 21 Paviliun Negara dan 126 organisasi, sementara di Tsunami Shelter Kuta ada 70 paviliun, serta 51 paviliun UMKM di Bali Collection," lanjutnya.

Forum ini akan menampilkan berbagai pertemuan yang dibagi menjadi Sesi Proses Politik, Tematik, dan Regional pada 20-24 Mei 2024, dengan 283 sesi diskusi mengenai strategi pengelolaan air. Pada Kamis, 23 Mei 2024, akan diadakan Melasti Water Carnival di Pantai Melasti, disusul dengan Penutupan pada Jumat, 24 Mei 2024, di Mangupura Hall.

Acara ini juga mencakup Cultural Night (Farewell) di Taman Bhagawan dan Field Trip ke beberapa lokasi seperti Water Museum Subak di Tabanan dan Jatiluwih UNESCO World Heritage Site.

BACA JUGA:Pemerintah Salurkan Bansos Bulan Mei-Juni 2024 ini, Ini Cara Mendapatkan Bansos !

Menteri Basuki melaporkan bahwa hingga saat ini, peserta yang terdaftar mencapai 14.000 orang dari berbagai negara dan terus bertambah. Pertemuan Tingkat Menteri akan dihadiri oleh pejabat dari 132 negara dan 27 organisasi internasional, termasuk 8 Kepala Negara dan 3 Wakil Perdana Menteri.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga hadir dalam rapat, menekankan pentingnya kesiapan panitia dalam menyelenggarakan acara ini. "Penyelenggaraan semakin dekat, pastikan semua bidang siap," tegas Luhut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: infopublik.id