Fitur Zebra Cross untuk Pejalan Kaki, Fasilitas dan Aturan Keselamatan

Fitur Zebra Cross untuk Pejalan Kaki, Fasilitas dan Aturan Keselamatan

Fitur Zebra Cross untuk Pejalan Kaki, Fasilitas dan Aturan Keselamatan --Foto : Freepik.com/freepik

 

Fungsi Zebra Cross

Selain untuk menjaga keselamatan pejalan kaki di tengah arus lalu lintas kendaraan bermotor yang padat, zebra cross juga memiliki fungsi lainnya, yaitu:

1. Memberikan Keamanan saat Menyebrang

Salah satu fungsi utama zebra cross adalah memberikan hak prioritas kepada pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan.

Dengan adanya zebra cross, pejalan kaki memiliki hak yang jelas untuk menyeberang, dan para pengemudi diwajibkan memberikan jalan kepada mereka jika rambu lalu lintas menunjukkan pejalan kaki diperbolehkan untuk lewat. Hal ini membantu mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan pejalan kaki.

BACA JUGA:Google Menantang ChatGPT 4o dengan Project Astra: Ketahui Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya

 

2. Ketersediaan Akses Penyebrangan

Fungsi zebra cross yang berikutnya adalah meningkatkan ketersediaan akses bagi pejalan kaki untuk melewati jalur penyeberangan dengan aman dan nyaman.

Dalam lingkungan perkotaan yang padat, zebra cross memberikan titik-titik penyeberangan yang teratur bagi pejalan kaki. Ini meningkatkan ketersediaan akses bagi pejalan kaki untuk menyeberang jalan dengan nyaman dan aman.

 

3. Prioritas untuk Melintasi Zebra Cross

Zebra cross menciptakan titik-titik penyeberangan yang aman bagi pejalan kaki di tengah arus lalu lintas kendaraan bermotor.

Ditandai dengan garis warna putih dan hitam yang mencolok, zebra cross membuat pejalan kaki lebih mudah dikenali oleh pengemudi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya tabrakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber