Waw! Inilah 5 Palung Terdalam di Dunia, Ada yang Dekat Indonesia

Waw! Inilah 5 Palung Terdalam di Dunia, Ada yang Dekat Indonesia

Palung Mindanao atau Palung Filipina.-Google.com-Tangkapan layar Satelit Google Map

Subduksi Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia merupakan penyebab dari terbentuknya jurang laut ini. Selain itu, Palung Kermadec ini menjadi rumah bagi berbagai spesies hewan bawah laut.

3. Palung Tonga, Samudra Pasifik

Selain Palung Kemerdec, Samudra Pasifik juga memiliki palung lain yang menjadi jurang laut terdalam di dunia. Palung tersebut tidak lain ialah Palung Tonga yang berada di wilayah barat daya Samudra Pasifik.

Palung Tonga dijuluki sebagai Horizon Deep Tonga Trench yang ditemukan pertama kali pada tahun 1952. Palung tersebut memiliki kedalaman hingga 10.911 meter. Palung ini ditemukan oleh para kru kapal Scripps Institution of Oceanography dari San Diego. Palung ini terbentuk akibat proses geologi atau tabrakan antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Tonga.

4. Palung Mindanao, Laut Filipina

Palung terdalam di dunia selanjut ialah Palung Mindanao yang berada di lautan Filipina. Palung memiliki lebar 30 kilometer dan membentang sepanjang 1,3 kilometer di kawasan laut timur Filipina.

Sedangkan untuk kedalaman Palung Mindanao mencapai 10.540 meter dari permukaan laut. Palung tersebut terletak tidak jauh dari Indonesia.

Para ilmuwan mengatakan bahwa Palung Mindanao ini masih tergolong muda. Sebab, Palung tersebut baru berumur 8-9 juta tahun yang terbentuk akibat benturan Lempeng Eurasia dengan Lempeng Filipina yang berukuran lebih kecil.

5. Palung Kuril Kamchatka, Samudra Pasifik Barat

Palung terdalam di dunia berikutnya datang dari kawasan Samudra Pasifik Barat. Palung Kuril Kamchatka, memiliki kedalaman mencapai 10.542 meter atau setara 34.587 kaki dengan luas 2.900 kilometer. Aktivitas gunung berapi di dasar lautan di perairan menjadi akibat terbentuknya Palung Kamchatka ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber