Waw! Inilah 5 Palung Terdalam di Dunia, Ada yang Dekat Indonesia

Waw! Inilah 5 Palung Terdalam di Dunia, Ada yang Dekat Indonesia

Palung Mindanao atau Palung Filipina.-Google.com-Tangkapan layar Satelit Google Map

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Palung merupakan cekungan pada bagian dasar laut. Palung juga sering disebut jurang laut. Di dunia ini setiap palungnya memiliki kedalaman dan ukuran yang bervariasi.

Namun tahukah Anda, terdapat lima palung di dunia yang berbahaya untuk dilewati. Akan tetapi hal tersebut malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain wisatawan, terdapat penyelam yang mencoba untuk menyelaminya. Di bawah ini kita akan mengulas beberapa palung yang memiliki kedalaman belasan ribu meter.

Inilah lima palung terdalam di dunia yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:Universitas MDP Kembali Ikuti Kontes Robot Indonesia

BACA JUGA:Leigh Wood Rebut Kembali Gelar Kelas Bulu WBA Usai Menang Mutlak

1. Palung Mariana, Samudra Pasifik

Sampai saat ini Palung Mariana masih menjadi palung terdalam di dunia. Palung ini terletak di Samudra Pasifik, dekat Jepang dan Pulau Guam Amerika Serikat, yang memiliki kedalaman hingga 11.034 meter.

Kedalaman Palung Mariana tersebut diperkirakan melebihi tinggi Gunung Everest. Palung ini memiliki panjang sekitar 2.550 meter dan lebar 69 meter.

Bahkan saking dalamnya, Palung Mariana sampai diberi julukan sebagai Challenger Deep atau Titik Terdalam Bumi dan hanya beberapa penyelam saja yang mampu menyelam serta mengabadikan momen pada perairan ini.

Adapun beberapa ilmuwan berpendapat bahwa banyak spesies hewan laut tertentu yang hidup di wilayah Palung Mariana tersebut. Kebanyakan dari spesies tersebut belum pernah diteliti.

2. Palung Kermadec, Samudra Pasifik Selatan

Palung terdalam di dunia berikutnya datang dari Dataran Tinggi Hikurangi dan Louisville Seamount Chain. Yakni Palung Kermadec di Samudra Pasifik Selatan.

Palung Kermadec ini memiliki kedalaman sekitar 10.047 meter dari permukaan laut. Sedangkan untuk luar dari palung ini diperkirakan mencapai 1.000 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber