Panduan Lengkap Merawat Motor Matic agar Tetap Awet dan Terjaga Kinerjanya

Panduan Lengkap Merawat Motor Matic agar Tetap Awet dan Terjaga Kinerjanya

Panduan Lengkap Merawat Motor Matic agar Tetap Awet dan Terjaga Kinerjanya--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam era saat ini, merawat motor telah menjadi pengetahuan yang harus dimiliki oleh semua orang. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat bahwa motor telah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang, bukan lagi sekadar kebutuhan sekunder. Nilai fungsionalnya yang tinggi membuat motor menjadi sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan.

Motor matic, dengan segala kelebihannya, menjadi pilihan utama masyarakat. Namun, untuk menjaga agar motor tetap awet, perawatan yang baik tetap diperlukan. Untuk memperluas pemahaman Anda, berikut adalah beberapa cara merawat Motor matic yang perlu Anda ketahui.

1. Pengecekan Bahan Bakar Secara Berkala

Dua jenis motor utama yang ada saat ini adalah motor matic dan motor manual. Di zaman sekarang, motor matic lebih populer karena kemudahannya dalam penggunaan, baik oleh laki-laki maupun perempuan.

BACA JUGA:Motor Matic: Era Kesempurnaan atau Ancaman bagi Motor Bebek?BACA JUGA:Motor Matic: Era Kesempurnaan atau Ancaman bagi Motor Bebek?

Sebagian besar motor matic modern telah beralih dari penggunaan karburator ke sistem injeksi. Salah satu keuntungan menggunakan motor matic dengan sistem injeksi adalah efisiensi bahan bakarnya yang lebih baik.

Salah satu perawatan penting untuk motor jenis ini adalah memastikan tangki bahan bakar selalu terisi. Anda perlu memeriksa tangki secara teratur, minimal setiap dua atau tiga hari jika tangki hampir kosong, dan mengisi kembali bahan bakarnya.

Pastikan juga untuk mengisi bahan bakar sebelum melakukan perjalanan, terutama jika perjalanan akan jauh. Periksa secara berkala selama perjalanan untuk menghindari masalah di tengah jalan.

BACA JUGA:Apa itu Combi Brake System pada Motor Matic? Berikut penjelasannya!

 

2. Penggantian Oli Mesin secara Rutin

Langkah penting lainnya dalam menjaga kinerja motor matic adalah dengan mengganti oli mesin secara teratur. Ketika Anda telah mengendarai motor sejauh 1500 hingga 2000 km, segera lakukan penggantian oli di bengkel resmi.

Jika Anda mengabaikan penggantian oli mesin, komponen-komponen dalam motor akan mengalami kerusakan, dan motor bisa saja tidak berfungsi dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber