WhatsApp telah mengambil tindakan tegas terhadap penipuan online di India

 WhatsApp telah mengambil tindakan tegas terhadap penipuan online di India

WhatsApp telah mengambil tindakan tegas terhadap penipuan online di India--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- WhatsApp mengambil tindakan terhadap penipuan online, melarang lebih dari 2 crore akun India yang membahayakan keselamatan pengguna.

 WhatsApp telah melarang sebanyak 22.310.000 akun di India selama tiga bulan pertama tahun 2024.

Ini menandai hampir dua kali lipat jumlah akun yang dilarang dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023.

Menyoroti tantangan yang semakin berkembang dari penipuan online dan kekhawatiran keselamatan pengguna di negara tersebut.

BACA JUGA:Paket Spesial Scuto Ecodrive untuk Mobil Listrik dan Hybrid

Menurut laporan bulanan WhatsApp, tindakan terhadap akun India ini dilaksanakan sesuai dengan Aturan 4(1)(d) dan Aturan 3A(7) dari Peraturan (Pedoman Intermediasi Teknologi Informasi dan Kode Etik Media Digital) 2021.

Tindakan ini didasarkan pada tiga faktor utama: keluhan pengguna yang disampaikan melalui mekanisme keluhan WhatsApp di India.

Akun yang ditandai melanggar hukum India atau Syarat Layanan WhatsApp melalui metode pencegahan dan deteksi mereka, dan perintah yang dikeluarkan oleh Komite Banding Keluhan (GAC).

Laporan bulanan WhatsApp dari Januari, Februari, dan Maret 2024 mengungkapkan peningkatan yang konsisten dalam jumlah akun yang dilarang sepanjang kuartal pertama.

BACA JUGA:Jelang Rakernas III di Palembang, Holiday Angkasa Wisata Gelar Technical Meeting

Pada Januari 2024, WhatsApp melarang 6.728.000 akun, termasuk 1.358.000 akun yang dilarang secara proaktif, artinya mereka dilarang sebelum ada laporan pengguna.

Februari 2024 melihat peningkatan larangan, dengan 7.628.000 akun dihapus, di antaranya 1.424.000 akun yang dilarang secara proaktif.

Tren tersebut berlanjut pada Maret 2024, dengan total 7.954.000 akun dilarang, termasuk 1.430.000 akun yang dilarang secara proaktif.

Ini menunjukkan pertumbuhan yang stabil dalam jumlah larangan dan langkah-langkah proaktif yang diambil oleh WhatsApp selama kuartal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber