Transformasi Digital, Kemenkumham Sumsel Menggelar Mobile IP Clinic 2024

Transformasi Digital, Kemenkumham Sumsel Menggelar Mobile IP Clinic 2024

Transformasi Digital, Kemenkumham Sumsel Menggelar Mobile IP Clinic 2024--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menyelenggarakan 'Mobile Intellectual Property Clinic (Mobile IP Clinic/MIC)' di Kota Palembang, pada tanggal 19 hingga 21 Juni 2024.

"Kegiatan Mobile IP Clinic tahun ini akan memperkenalkan pesona batik kujur sebagai bagian dari warisan budaya lokal Kabupaten Muara Enim," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, di Palembang pada hari Rabu.

Selain itu, MIC 2024 juga akan menampilkan tarian daerah dari Kabupaten Muara Enim dan pertunjukan busana (fashion show) berbasis kain batik kujur yang akan dipresentasikan oleh 10 hingga 15 peserta dari kabupaten setempat.

Ilham menyatakan bahwa untuk mempromosikan pesona warisan budaya lokal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Penjabat Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali.

BACA JUGA:Trek Kuliner Internasional, Menyusuri 5 Benua dalam Eksplorasi Rasa

"Mobile IP Clinic adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam meningkatkan layanan publik kepada masyarakat melalui inovasi dalam pengembangan layanan," tambahnya.

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyebarkan informasi tentang pentingnya pendaftaran kekayaan intelektual (KI), baik secara individu maupun dalam bentuk komunitas.

Lebih lanjut, Ilham menjelaskan bahwa dalam Mobile IP Clinic 2024 ini akan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah, akademisi, pelaku usaha, seniman, budayawan, serta masyarakat umum. Kegiatan ini akan menghadirkan narasumber yang ahli di bidang kekayaan intelektual.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Penjabat Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali, atas dukungannya terhadap MIC 2024 yang menampilkan pesona warisan budaya lokal, khususnya batik kujur yang merupakan identitas Kabupaten Muara Enim yang terkenal sebagai penghasil batubara," kata Ilham.


Transformasi Digital, Kemenkumham Sumsel Menggelar Mobile IP Clinic 2024--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

Sementara itu, Penjabat Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, atas pemilihan batik kujur sebagai salah satu fokus acara MIC pada tahun 2024 ini.

"Kami siap mendukung kesuksesan acara ini. Semoga melalui MIC ini, batik kujur dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas, sehingga selain mempromosikan nama dan budaya asli dari Kabupaten Muara Enim, juga dapat meningkatkan perekonomian para perajin batik kujur," ungkap Ahmad Rizali.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber