Penambahan Kolam Retensi hingga Ruang Terbuka Hijau Jadi PR Untuk Tangani Banjir di Palembang

Penambahan Kolam Retensi hingga Ruang Terbuka Hijau Jadi PR Untuk Tangani Banjir di Palembang

Penambahan Kolam Retensi hingga Ruang Terbuka Hijau Jadi PR Untuk Tangani Banjir di Palembang -Foto/Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID– Permasalahan banjir masih menjadi momok di kota Palembang. Sebagai langkah penanganan jangka panjang, Pemerintah kota Palembang berencana melakukan penambahan jumlah kolam retensi.

Diungkapkan PJ Walikota Palembang, Ratu Dewa. Untuk menanggulangi banjir di kota Palembang berbagai langkah kini terus digencarkan, seperti mengupayakan pengerukan sedimentasi di kolam retensi, dan juga drainase.

Untuk penanganan banjir saya sudah minta untuk lakukan pengerukan di beberapa kolam retensi yang sedimentasinya tinggi.” Kata Pj Walikota Palembang, Rfatu Dewa.

Selain itu, sebagai langkah jangka panjang penanganan banjir, Pemkot Palembang akan mengupayakan untuk memperbanyak kolam retensi yang saat ini ada hanya sekitar 50 dari idealnya 103 kolam retensi.

BACA JUGA:Waspada! 3 Statistik Mengerikan Timnas Uzbekistan Lawan Timnas Indonesia Di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Melebarkan drainase yang ada, menggencarkan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, serta mengupayakan perluasan ruang terbuka hijau, mengingat Palembang idealnya memiliki sekitar 40.000 hektar ruang terbuka hijau.

“saya kita banyak hal, diantaranya memperbanyak kolam retensi, termasuk memberikan edukasi ke masyarakat agar membuang sampah di tempatnya. Mengembangkan parit yang begitu kecil, termasuk perluasan ruang terbuka hijau. Itu akan jadi PR kita bersama.” Terangnya.


PJ Walikota Palembang, Ratu Dewa-Foto/Sandy Pratama-PALTV

Saat ini ada 12 titik banjir di Palembang yang perlu penanaganan serius. Yang pasti saat ini di Palembang ada 12 titik banjir yang perlu penanganan serius.” Tutup Ratu Dewa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: