WhatsApp Mulai Luncurkan Passkey untuk Pengguna iPhone, Enam Bulan Setelah Fitur Tersedia di Android

WhatsApp Mulai Luncurkan Passkey untuk Pengguna iPhone, Enam Bulan Setelah Fitur Tersedia di Android

WhatsApp mulai meluncurkan passkey untuk pengguna iPhone, --Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Enam bulan setelah passkey diperkenalkan untuk Android, WhatsApp mulai meluncurkan fitur tersebut juga untuk pengguna iOS.

Menjaga percakapan kita tetap pribadi sangat penting bagi kita semua, terutama ketika kita berbicara dengan teman atau keluarga di aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Telegram.

Baru-baru ini, WhatsApp telah menambahkan fitur-fitur baru untuk memastikan pesan kita tetap pribadi dan waktu kita di aplikasi menjadi lebih lancar. Dan sekarang, ada berita menarik bagi pengguna iPhone.

WhatsApp telah mulai meluncurkan verifikasi passkey untuk pengguna iOS. Fitur ini telah tersedia untuk pengguna Android sekitar enam bulan yang lalu. Fitur ini dimaksudkan untuk membuat proses verifikasi akun kita lebih mudah dan aman.

BACA JUGA:Meta AI di WhatsApp: Ketersediaan Fitur dan Cara Kerja Dalam 5 Poin

Mari kita lihat lebih dekat apa sebenarnya yang terjadi. Peluncuran fitur passkey pada iOS datang setengah tahun setelah WhatsApp awalnya memperkenalkan dukungan passkey untuk pengguna Android.

Dengan pembaruan ini, pengguna iOS akan segera mengucapkan selamat tinggal pada kerumitan berurusan dengan kode-kode sandi sekali pakai melalui SMS. 

Verifikasi passkey menawarkan beberapa opsi otentikasi, termasuk pengenalan wajah, biometrik, atau PIN yang disimpan di pengelola passkey Apple. Rentang opsi yang beragam ini tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga menjamin pertahanan yang kokoh terhadap akses yang tidak sah.

Ini berarti bahwa pengguna iOS dapat masuk kembali ke akun WhatsApp mereka tanpa perlu kata sandi atau metode otentikasi dua faktor melalui SMS. Anda bahkan dapat masuk kembali melalui passkey bahkan ketika Anda tidak terhubung ke internet, karena kunci otentikasi berada di ponsel Anda.

BACA JUGA:Terbaru! Pengguna Whatsapp Tidak Perlu Internet Untuk Dapat Mengirim Gambar dan Teks

Pengenalan passkey adalah langkah signifikan menuju penguatan keamanan akun. Dengan memerlukan akses fisik ke perangkat selain passkey, menjadi lebih sulit bagi pelaku yang jahat untuk meretas akun secara remote.

Selain itu, ketergantungan pada passkey menghilangkan kerentanan yang terkait dengan kombinasi username dan password tradisional, yang sering kali menjadi sasaran upaya phishing.

Bagi yang ingin mengaktifkan passkey, mengatur itu sangat sederhana. Pertama, pastikan bahwa WhatsApp Anda diperbarui melalui App Store.

Begitu Anda yakin bahwa Anda menggunakan versi terbaru WhatsApp, Anda dapat memeriksa apakah Anda dapat menyalakan fitur ini dengan pergi ke Pengaturan. Kemudian, klik Akun dan cari opsi Passkeys.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indian today.com