Muara Enim Berlakukan Lagi Tilang Manual, Tidak Semua Polantas Boleh Menilang

Muara Enim Berlakukan Lagi Tilang Manual, Tidak Semua Polantas Boleh Menilang

Kasatlantas Polres Muara Enim bersama anggota melakukan pengaturan lalu lintas di Jalan Lintas Tengah Sumatera.-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Satlantas Polres MUARA ENIM kembali memberlakukan tilang manual mulai dari bulan Maret 2023 dan seterusnya. Pemberlakuan tilang manual ini sesuai dengan edaran Korlantas Mabes Polri terkait efektivitas sanksi pelanggaran berkendara.

Kabupaten Muara Enim sebelumnya telah memberlakukan tilang elektronik yang disebut Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE, dengan memasang empat titik kamera ETLE yang dinilai rawan pelanggaran lalu lintas.

Sistem tilang elektronik ini sudah berlangsung beberapa bulan setelah rampung pemasangan kamera jalan dan server. Meski untuk sanksi bagi pengendara yang terekam kamera belum sepenuhnya diberikan.

Walau penerapan sanksi ETLE belum diterapkan secara maksimal, namun jumlah pelanggaran lalu lintas sangat berkurang di wilayah Kota Muara Enim, terutama untuk pengendara sepeda motor.

BACA JUGA:FC Barcelona Biarkan Jordi Alba Pergi demi Menggaji Pemain Baru?

BACA JUGA:Baca Artikel ini Terutama Untuk Kalian yang Alergi Debu


AKP Suwandi, Kasastlantas Polres Muara Enim.-Yansyah-PALTV

Hal ini disampaikan oleh Kasatlantas Polres Muara Enim AKP Suwandi. Memang, sejak Satlantas Polres Muara Enim memberlakukan tilang elektronik sangat berdampak positif bagi warga. Terlihat dari tingkat pelanggaran lalu lintas terutama bagi kendaraan roda dua sangat menurun.

Sedangkan petugas di lapangan tetap memantau pengendara, menegur dan mengimbau pengendara yang masih melakukan pelanggaran kasat mata selama pemberlakuan ETLE.

AKP Suwandi menambahkan, biasanya yang banyak melakukan pelanggaran pengendara roda dua usia remaja atau anak sekolah. Pelanggaran yang mereka lakukan seperti penggunaan knalpot brong, tidak menggunakan helm dan kelengkapan sepeda motor lainnya yang kasat mata.

Dalam beberapa bulan terakhir ada sekitar 583 pelanggaran yang terekam kamera jalan. Angka ini sangat turun drastis hingga mencapai 30 hingga 50 persen setiap bulan, berkurangnya kasus pelanggaran lalu lintas di Kota Muara Enim.

BACA JUGA:5 Khasiat Jeruk Kingkit yang Belum Banyak Diketahui

BACA JUGA:BTR Vyn Siap Perkuat Bigetron Alpha pada MPL ID Season 12


Satlantas Polres Muara Enim akan menindak pelanggar lalu lintas dengan tilang manual jika berada di jalan raya.-Yansyah-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv