Bukan Introvert Bukan Ekstrovert, Mungkin Kamu Ambivert

Bukan Introvert Bukan Ekstrovert, Mungkin Kamu Ambivert

Sifat Ambivert memungkinkan seseorang memiliki kepribadian ganda. Kadang dia bersifat Eksrovert dan lain waktu menjadi Introvert.--pinterest.com/@socoach.co.uk

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap manusia punya sifat pribadi yang akan terlihat dalam pergaulan sosial. Sifat atau karakter ini secara umum diketahui hanya ada 2 jenis, yakni introvert dan eksrovert. Padahal masih ada satu sifat atau sikap  yang berada di antara keduanya yakni Ambivert.

Bagaimana penjelasannya? Seperti yang kita ketahui, Introvert dan Ekstrovert merupakan sifat kepribadian seseorang dalam menghadapi suatu situasi dalam bersosialisasi.

Secara umum bagi seorang Introvert dinilai pendiam dan suka menyendiri, sementara seorang Ekstrovert berlaku sebaliknya yang cenderung suka bersosialisasi dengan banyak orang.

Kedua istilah ini dicetuskan oleh seorang psikiater yaitu Swiss Carl G Jung pada tahun 1990-an. Melalui pandangan mata dan cara seseorang menyikapi sesuatu, seseorang tersebut akan mengetahui dirinya termasuk ke dalam golongan kepribdian mana, Introvert atau Ekstrovert.

BACA JUGA:Ini Kriteria Pj Walikota Prabumulih Menurut Anggota Dewan

BACA JUGA:Wuih Merinding, 5 Museum Ini Paling Seram di Dunia!

Berbagai upaya pun bisa kita lakukan untuk mengetahui kepribadian diri kita sendiri. Konsultasi dengan psikiater, mengikuti tes psikologi, atau mengisi kuis psikologi online bisa kita lakukan dengan mudah. Namun apakah kamu tahu ternyata ada satu lagi jenis kepribadian, Ambivert.

Ambivert merupakan gabungan antara Introvert dan Ekstrovert, atau dengan kata lain Ambivert berada diantara kedua kepribadian.

Melansir dari laman Hellosehat.com, Ambivert adalah kepribadian yang bisa mengarah pada ekstrovert maupun introvert, tergantung dengan situasi yang dihadapi. Seseorang dengan kepribadian ini biasanya mudah berbaur layaknya seorang ekstrovert, tetapi juga pintar untuk menyendiri dan tidak berbicara banyak orang seperti introvert.

Dijelaskan pula beberapa ciri-ciri jika kamu adalah seorang Ambivert, diantaranya:

BACA JUGA:Kalahkan LA Lakers, Denver Nuggets Berhasil Kunci Tiket Final NBA 2023

BACA JUGA:Lulusan Terbaik, SMP Negeri 1 Indralaya Sekolah Penggerak Ogan Ilir

1. dapat bersosialisasi sekaligus penyendiri

Seperti Ekstrovert, seorang Ambivert akan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sekaligus sangat menghargai waktu bagi dirinya untuk menyendiri. Ia dapat mengimbangi sisi Introvert atau sisi Ekstrovert yang dibutuhkan saat bersosialisasi dengan lingkungan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber