Belum Semua Mengerti Arti Huruf E di Indikator BBM, Dikira Empty Ternyata Bukan

Belum Semua Mengerti Arti Huruf E di Indikator BBM, Dikira Empty Ternyata Bukan

Belum Semua Mengerti Arti Huruf E di Indikator BBM, Dikira Empty Ternyata Bukan--Foto: [email protected]

Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem bahan bakar dari kerusakan karena penggunaan bahan bakar terlalu rendah, yang dapat menyebabkan masalah seperti penyumbatan filter bahan bakar atau kerusakan pompa bahan bakar.

4. Pentingnya Memahami Indikator BBM dengan Baik

Mengerti arti sebenarnya dari indikator BBM, termasuk huruf “E”, sangat penting bagi pengemudi. Ini adalah bagian dari pengetahuan dasar tentang mobil yang dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

Dengan memahami bahwa “E” bukanlah indikasi bahwa tangki sudah benar-benar kosong, pengemudi dapat mengambil tindakan preventif lebih awal untuk mengisi bahan bakar kembali.


Belum Semua Mengerti Arti Huruf E di Indikator BBM, Dikira Empty Ternyata Bukan--foto: youtube@kompastv

5. Pandangan dari Ahli Otomotif

Menurut sebagian besar ahli otomotif, penggunaan huruf “E” memang memiliki kegunaan yang jelas dalam memberikan peringatan dini kepada pengemudi tentang kehabisan bahan bakar.

Namun, beberapa juga berpendapat bahwa desain indikator BBM dapat ditingkatkan untuk memberikan informasi yang lebih spesifik tentang sisa kapasitas bahan bakar yang tersedia, seperti menunjukkan jumlah liter yang tersisa atau menampilkan estimasi jarak yang dapat ditempuh dengan bahan bakar yang tersisa.

Dalam kesimpulan, meskipun banyak yang mengira huruf “E” di indikator BBM adalah singkatan dari “empty”, sebenarnya itu merupakan singkatan dari “empat” yang menunjukkan bahwa tangki masih memiliki sekitar seperempat kapasitas bahan bakar tersisa.

Penting bagi pengemudi untuk memahami arti sebenarnya dari indikator BBM ini agar dapat mengambil tindakan yang sesuai dan mencegah risiko terjebak di jalan tanpa bahan bakar yang cukup.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber