Hilal di Palembang 6 Derajat, Kanwil Kemenag Sumsel Lapor Penetapan 1 Syawal 1445 H tanggal 10 April 2024

Hilal di Palembang 6 Derajat, Kanwil Kemenag Sumsel Lapor Penetapan 1 Syawal 1445 H tanggal 10 April 2024

Ketinggian hilal di Palembang 6 Derajat, Kanwil Kemenag Sumsel lapor penetapan 1 Syawal 1445 H jatuh pada tanggal 10 April 2024, Selasa (9/4/2024).-Hafid Zainul-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Kemenag Sumsel) menggelar Rukyatul Hilal untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah, bertempat di Hotel Aryaduta Palembang pada hari Selasa, 9 April 2024.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel Syafitri Irwan mengatakan, Rukyatul Hilal meliputi pemantauan ketinggian hilal di Kota Palembang yang mana telah mencapai 6 derajat.

Kendati begitu, Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel tidak dapat merukyat lantaran dipengaruhi dari cuaca yang buruk.

“Dengan berpegang pada hasil perhitungan bahwa ketinggian hilal di Kota Palembang pada sore ini (Selasa, 9 April 2024) 6 derajat 31 menit di atas ufuk. Pada saat matahari terbenam, menurut hisab hilal sudah di atas ufuk, maka sore ini kemungkinan bisa dirukyat. Namun, di Kota Palembang tidak dapat dirukyat karena pengaruh cuaca yang cukup buruk,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syaiftri Irwan.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Apriyadi bersama Ribuan Warga Musi Banyuasin Ikuti Pawai Takbiran Idulfitri 1445 Hijriah


Syafitri Irwan, Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Selasa (9/4/2024).-Hafid Zainul-PALTV

Berdasarkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), kriteria tinggi hilal saat matahari terbenam minimal 3 derajat.

Lantas, berkenaan kriteria MABIMS, 1 Syawal 1445 Hijriah diperkirakan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

“Berdasarkan kriteria MABIMS, ketinggian hilal minimal 3 derajat. Maka, tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah diperkirakan jatuh pada hari Rabu 10 April 2024,” ujar Syafitri Irwan.

Syafitri Irwan mengimbau masyarakat Sumatera Selatan dalam menyambut Hari Raya Idulfitri dengan merayakan secara bergembira, sederhana dan tidak berlebihan.

BACA JUGA:Sumatera Selatan Berpotensi Hujan Ringan hingga Sedang pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

“Kami imbau untuk masyarakat Sumsel senantiasa penuh dengan rasa syukur, kesederhanaan, tidak dalam euforia yang berlebihan, tetap bergembira. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat Sumsel,” pungkas Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: