Matoa Buah Eksotis dari Tanah Papua

Matoa Buah Eksotis dari Tanah Papua

Buah matoa, buah eksotis dari wilayah timur Indonesia seperti Papua dan Maluku.--instagram.com/@buah_matoa_pati

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Matoa merupakan buah khas Indonesia, khususnya wilayah Indonesia bagian timur seperti Papua dan Maluku. Buah ini memiliki nama latin yaitu Pometia Pinnata atau biasa disebut juga dengan Fiji Longan.

Pohon matoa biasa memiliki ketinggian berkisar 20-40 meter dengan diameter sampai 100 centimeter. Uniknya, pohon matoa ini hanya berbunga sekali dalam setahun yaitu pada bulan Juli-Oktober.

Buah Matoa memiliki bentuk hampir mirip dengan buah pinang, yaitu berbentuk lonjong dengan ukuran Panjang 5-6 centimeter. Kulit buah ini berwarna Hijau kemerahan dan memiliki rasa yang manis serta lezat.

Tekstur daging buah matoa ini kenyal, bening seperti buah kelengkeng. Tetapi uniknya, rasa buah ini seperti kombinasi dari tiga buah yang berbeda-beda. Seperti rasa buah rambutan, kelengkeng dan durian.

BACA JUGA:Mengejutkan, Tiba-tiba Enzy Unggah Foto Menikah di Instagram!

BACA JUGA:Apakah Benar Kucing Dapat Terkena Rabies? Berikut Penjelasannya!

Selain itu juga, buah matoa ini merupakan buah tropis yang dapat tumbuh dalam segala kondisi cuaca maupun tempat, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada buah ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan tersebut meliputi vitamin C, mineral, tanin serta vitamin E. Ingin tahu banyak manfaat buah matoa bagi kesehatan tubuh? Yuk Simak dan baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Melawan radikal bebas

Manfaat buah matoa yang pertama bagi kesehatan tubuh yaitu dapat melawan radikal bebas. Kandungan vitamin C dan vitamin E yang ada pada buah ini efektif memberikan antioksidan kuat yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas.

BACA JUGA:Desa Muara Enggelam, Desa Tanpa Daratan

BACA JUGA:Usia 40 Tahun ke Atas Harus Tetap Olahraga

2. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C pada buah matoa berkhasiat meningkatkan imun tubuh serta membantu menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber