Indonesia Siap Mengukuhkan Diri Sebagai Pusat Produksi Baterai Mobil Listrik Terdepan di Asia Tenggara

Indonesia Siap Mengukuhkan Diri Sebagai Pusat Produksi Baterai Mobil Listrik Terdepan di Asia Tenggara

Indonesia Siap Mengukuhkan Diri Sebagai Pusat Produksi Baterai Mobil Listrik Terdepan di Asia Tenggara-- Instagram / iesr.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pabrik Baterai Mobil Listrik Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Karawang akan segera diresmikan pada bulan Mei 2024 mendatang.

Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil, menegaskan bahwa Indonesia siap memperkuat posisinya sebagai negara pionir dalam industri baterai mobil listrik di kawasan Asia Tenggara.

Dalam Konferensi Pers Prospek Investasi Pasca Pemilu 2024, Bahlil menyatakan bahwa pabrik ini telah berhasil mencapai produksi sebesar 10 Gigawatt (GW) pada bulan April 2024.

Selain itu, pembangunan pabrik dengan kapasitas 10 GW kedua juga sudah dimulai.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Cara Menghilangkan dan Membasmi Kutu Kucing

Pemerintah, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, secara khusus mengalokasikan perhatian pada pengembangan sektor hilirisasi.

Dalam hal ini, fokus utama adalah menciptakan nilai tambah dari sumber daya alam yang melimpah di Indonesia, seperti nikel.

Hal ini tercermin dari investasi besar senilai US$ 9,8 miliar yang mencakup seluruh rantai produksi, mulai dari tambang hingga pemurnian, pengolahan, dan produksi sel baterai kendaraan listrik.

Tina Talisa, Staf Khusus Kementerian Investasi/BKPM, menegaskan bahwa proyek ini tidak hanya menandai Indonesia sebagai produsen sel baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara.

BACA JUGA:Destinasi Berastagi Saat Ini Memiliki 7 Tempat Wisata Populer Dengan Pilihan Gratis

Tetapi juga memperkuat komitmen pemerintah dalam mendukung pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik.

Produksi sel baterai ini juga akan melibatkan tenaga kerja muda Indonesia sebagai engineer kendaraan listrik pertama di kawasan Asia Tenggara.

Dengan demikian, Indonesia semakin mantap dalam perannya sebagai pusat produksi baterai mobil listrik terdepan di Asia Tenggara, yang tidak hanya memperkuat sektor industri, tetapi juga memberikan peluang besar bagi pengembangan teknologi dan penyerapan tenaga kerja.

Pabrik Baterai Mobil Listrik Hyundai LG Industry (HLI) Green Power yang akan segera diresmikan di Karawang tidak hanya menandai langkah besar dalam industri kendaraan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber