11 Mengetahui Jenis dan Fungsi Lampu Mobil

11 Mengetahui Jenis dan Fungsi Lampu Mobil

11 Mengetahui Jenis dan Fungsi Lampu Mobil-vektor makro-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Salah satu aksesoris mobil Anda adalah lampu depan. Lampu dapat membuat Anda lebih aman saat berkendara. Lampu mobil penting bahkan di tengah malam dan saat hujan deras. Terdapat juga lampu yang menandakan mobil akan berbelok.

Jenis Lampu Mobil

Ya, ada sembilan jenis lampu eksterior pada mobil. Wah, banyak sekali ya? Jenis lampu apa yang ada di bagian luar mobil Anda? Jadi, apa fungsi setiap lampu?

1. Lampu Dekat (Low Beam)

Pertama, mari kita lihat sinar rendah, cahaya lembut dan sederhana yang terdapat pada mobil. Lampu ini disebut lampu proximity karena jangkauan cahayanya sangat pendek. Tentu saja lampu ini penting saat kendaraan memasuki kawasan pemukiman agar tidak mengganggu orang di jalan.

2. Lampu Jauh (High Beam)

Selain low beam lampu jauh, ada juga low beam yang berguna untuk menerangi jalan saat berkendara. Lampu ini menghasilkan jangkauan cahaya yang lebih jauh dibandingkan lampu di dekat tanah. Oleh karena itu, lampu ini disebut juga High Beam. Lampu ini merupakan lampu yang sebaiknya digunakan saat berkendara di jalan raya, terutama saat keadaan gelap.

BACA JUGA:Mazda MX-30: Melangkah Kencang ke Masa Depan Listrik Indonesia

3. Lampu Kabut

Lampu ini sangat terbatas. Tentu saja tergantung lokasi dan cuaca. Lampu ini sebaiknya Anda gunakan saat berada di area berkabut. Dikenal juga dengan sebutan lampu kabut, lampu ini terletak di bagian depan dan belakang kendaraan. Fungsi lampu kabut di bagian belakang kendaraan adalah memberi isyarat kepada kendaraan lain agar menjaga jarak.

4. Lampu Senja (Lampu Kota)

Lampu manakah yang harus saya nyalakan saat senja mulai? Atau saat langit sangat mendung? Ya, lampu senja, seperti namanya, merupakan lampu senja yang sebaiknya dinyalakan pada malam hari. Lampu senja disebut juga dengan lampu kota, fungsi dari lampu tersebut adalah untuk memberi tanda pada kendaraan lain bila mobilnya berada pada jalur yang sama.

5. Lampu tail (Stop Lamp)

Belakang Lampu ekor atau rem terletak di bagian belakang mobil. Pada dasarnya lampu malam dan lampu belakang dihubungkan melalui satu saklar. Lalu mereka menyalakan lampu belakang, menyalakan lampu belakang lagi. Meskipun lampu berjalan siang hari berfungsi untuk memberi isyarat kepada kendaraan lain, terutama yang di depan, lampu belakang berfungsi baik untuk memberi isyarat kepada kendaraan di belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber