Deteksi Dini Kanker Payudara, Grup RS Siloam Perpanjang Program SELANGKAH Tahun Kedua

Deteksi Dini Kanker Payudara, Grup RS Siloam Perpanjang Program SELANGKAH Tahun Kedua

Deteksi Dini Kanker Payudara, Grup RS Siloam Perpanjang Program SELANGKAH Tahun Kedua--foto: Dokumentasi Grup RS Siloam

PALEMBANG,PALTV.CO.ID- Jakarta, 29 Februari 2024* - Hari ini, Grup RS Siloam dengan bangga mengumumkan kelanjutan tahun kedua dari program SELANGKAH (SEmangat LAwan KAnker). 

Program ini mengusung misi penting, yakni menyediakan skrining payudara gratis untuk wanita Indonesia, terutama di daerah yang membutuhkan dan mengalami kesenjangan dalam akses terhadap layanan kesehatan.

Dengan fokus pada deteksi dini, program SELANGKAH telah menjadi pilar utama dalam upaya penanggulangan kanker payudara sejak dimulainya pada tahun 2023.

Kanker payudara merupakan salah satu kanker paling umum di seluruh dunia dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker di kalangan wanita.

BACA JUGA:Perjalanan Karir Nicholas Saputra Menjadi Aktor Papan Atas Indonesia

Deteksi dini kanker payudara memiliki peran krusial dalam meningkatkan tingkat kesembuhan. Namun, data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa sekitar 70% pasien kanker payudara telah memasuki stadium 3 saat terdeteksi.

Untuk mengatasi tantangan ini, program SELANGKAH bekerja keras untuk memberikan skrining payudara secara gratis kepada wanita Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

Dr. Jeffry Beta Tenggara, Sp.PD-KHOM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi-Onkologi RS MRCCC Siloam Semanggi, menjelaskan, "Meskipun terdapat kemajuan dalam penanganan kanker, di Indonesia ternyata masih banyak masyarakat yang belum dapat mengakses layanan kanker yang layak.

Beberapa faktor seperti kurangnya kesadaran masyarakat, rasa takut akan skrining, keterbatasan finansial, serta kurangnya tenaga ahli turut berkontribusi pada tingginya angka kematian akibat kanker."


Deteksi Dini Kanker Payudara, Grup RS Siloam Perpanjang Program SELANGKAH Tahun Kedua--foto: Dokumentasi Grup RS Siloam

Mengusung tema Hari Kanker Sedunia 2024, yaitu 'Close the Care Gap', Grup RS Siloam berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini dan menyediakan kemudahan akses.

Dalam rangka itu, program SELANGKAH 2024 akan menargetkan skrining payudara gratis untuk 50.000 wanita di Indonesia. Program ini akan diimplementasikan di 14 RS Siloam yang tersebar di 12 kota.

Tahun lalu, lebih dari 200 perusahaan dan komunitas, serta individu, memberikan dukungan melalui donasi untuk program SELANGKAH. Grup RS Siloam kembali mengajak mitra dan masyarakat umum untuk mendukung program SELANGKAH 2024 melalui berbagai cara, termasuk *Adopt a Village*, Sponsor Individu, Sponsor Grup, dan dukungan operasional.

"Skrining kanker payudara bukan lagi suatu pilihan, melainkan tanggung jawab kita terhadap diri sendiri dan keluarga. Jangan takut memeriksakan diri. Dengan deteksi dini, kemungkinan kesembuhan semakin tinggi," ujar Nunung, seorang survivor kanker payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber