Contoh Penerapan 3D Printing Pada Berbagai Sektor Industri!

Contoh Penerapan 3D Printing Pada Berbagai Sektor Industri!

Contoh Penerapan 3D Printing Pada Berbagai Sektor Industri! --Foto : Freepik.com/fabrikasimf

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - 3D Printing merupakan sebuah teknologi berupa proses pembuatan objek fisik berbentuk 3D atau tiga dimensi yang dibuat dengan berdasarkan model dari desain digital.

Teknologi 3D Printing ini mempunyai cara kerja yang terdiri dari lapisan material atau layer by layer untuk dapat menghasilkan sebuah objek fisik tiga dimensi.

3D Printing ini juga dikenal sebagai additive manufacturing. Penggunaan 3D printing saat ini telah banyak digunakan pada berbagai sektor industri seperti: fashion, otomotif, kesehatan, seni, pendidikan, bahkan makanan.

Pada umumnya berbagai industri tersebut akan mencetak prototipe produk terlebih dahulu sebelum mencetak produk aslinya.

BACA JUGA:Mencetak Bentuk 3D atau Tiga Dimensi Dengan Menggunakan 4 Jenis Teknologi 3D Printing!

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui prototipe produk yang dihasilkan harus telah memenuhi standar yang berlaku untuk dapat dicetak secara massal.

Dengan kecepatan produksi yang mampu dihasilkan oleh teknologi ini, tentunya akan membuat sektor industri tidak keberatan mengeluarkan biaya yang besar untuk menggunakan teknologi 3D Printing ini.

Bagi sektor industri tentunya akan menganggap 3D Printing merupakan investasi yang sangat menguntungkan, karena biaya untuk penggunaan teknologi 3D Printing ini akan tertutupi oleh biaya produksi yang cepat.

Lalu, industri apa saja yang menggunakan teknologi ini? Bagaimana penerapannya? Berikut ini beberapa penerapan 3D Printing pada beberapa sektor industri yang tentunya memberikan banyak manfaat dan akan sangat menguntungkan.

BACA JUGA:Keunggulan Smartphone Oppo Reno 11 5G Dengan Tampilan Visual Imersif 3D Curved Screen!

 

Industri Fashion

Teknologi 3D Printing ini mempunyai peran yang sangat besar terhadap industri fashion baik itu pakaian hingga sepatu.

Di Amerika Serikat terdapat salah satu department store yang bernama Nordstrom Inc yang menawarkan jasa pembuatan sepatu dengan menggunakan teknologi 3D Printing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber