Rantai Pada Sepeda Motor Tidak Stabil Saat Digunakan Berkendara? Inilah 6 Fungsi Stabilizer Rantai Motor!

Rantai Pada Sepeda Motor Tidak Stabil Saat Digunakan Berkendara? Inilah 6 Fungsi Stabilizer Rantai Motor!

Rantai Pada Sepeda Motor Tidak Stabil Saat Digunakan Berkendara? Inilah 6 Fungsi Stabilizer Rantai Motor--Foto : Instagram.com/@boulevard_motor

 

Menjaga Kondisi Rantai Motor Agar Tetap Berada Pada Jalurnya

Pada saat sedang berbelok atau melakukan akselerasi menikung, pengendara mungkin pernah mendengar rantai yang berbunyi seperti suara ‘kreeekkk’.

BACA JUGA:Ini Penyebab Rantai Belt Motor Matic Putus dan Cara Menggantinya

Hal tersebut terjadi karena kondisi gear belakang yang bergesekan dengan bagian tepi rantai motor dan bukan di tengah mata rantai.

Hal inilah yang dapat menjadi salah satu fungsi utama dari dipasangnya stabilizer pada rantai motor. Dengan menggunakan komponen tambahan ini maka rantai motor akan tetap berada pada jalurnya, stabilizer rantai motor ini mempunyai fungsi sebagai stabilizing dan balancing.

 

Mencegah Rantai Motor Terlepas

Pada saat mengendarai motor trail, biasanya ayunan suspensi sangat tinggi sehingga akan membuat rantainya menjadi cepat kendur.

Jika rantai dalam keadaan kendur, maka dapat membuat rantai tersebut terlepas dari gear. Penggunaan stabilizer rantai motor ini tentunya dapat mencegah kondisi rantai motor yang terlepas saat sedang digunakan berkendara.

BACA JUGA:Rantai Motor Kendor, Ini Lho waktu Yang Tepat Untuk Perbaikan Atau Penggantian

 

Meredam Getaran Pada Rantai Motor

Pemasangan tensioner atau stabilizer rantai motor ini dapat meredam getaran yang terjadi pada rantai motor saat digunakan.

Suara berisik pada rantai motor dapat disebabkan karena adanya gesekan antara rantai dengan gear akibat dari kondisi rantai yang kendur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id