Temperatur Mesin Motor Butuh Pendinginan? Inilah 4 Fungsi Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!

Temperatur Mesin Motor Butuh Pendinginan? Inilah 4 Fungsi Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!

Temperatur Mesin Motor Butuh Pendinginan? Inilah 4 Fungsi Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!-wayhomestudio-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sistem pendingin yang terdapat pada sepeda motor merupakan suatu Sistem yang berfungsi untuk dapat menjaga temperatur mesin motor agar berada dalam kondisi suhu yang stabil.

Mesin pembakaran dalam dan mesin pembakaran luar akan melakukan proses pembakaran untuk dapat menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan tersebut akan diubah menjadi energi mekanik dengan menggunakan mekanisme mesin.

Proses pembakaran pada mesin motor yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan temperatur mesin menjadi sangat tinggi.

Temperatur yang sangat tinggi tersebut menyebabkan konstruksi mesin motor menjadi tidak ekonomis, sebagian besar mesin juga terletak pada lingkungan yang tidak terlalu jauh dari manusia sehingga dapat mengurangi faktor keamanan.

Temperatur yang terlalu rendah juga tidak terlalu bagus dalam proses kerja mesin. Sistem pendingin ini digunakan untuk dapat menjaga suhu mesin agar berada dalam batas suhu operasi yang ideal.

BACA JUGA:2 Remaja Kembar Tenggelam 1 Korban Ditemukan Tak Bernyawa, Basarnas Palembang Masih Sisir Sungai Komering

Prinsip pendinginan pada sistem ini yaitu dengan melepaskan panas mesin ke udara. Sistem pendinginan yang dilepaskan langsung  ke udara disebut dengan sistem pendingin udara, sedangkan untuk jenis sistem pendingin yang menggunakan cairan disebut dengan sistem pendingin air.

Sistem pendingin merupakan satu set bagian tambahan pada mesin motor yang dapat mencegah mesin dari panas yang berlebihan. Dengan adanya sistem ini dapat membuat suhu mesin motor menjadi tetap terjaga sehingga tidak menjadi terlalu panas.

Jadi meskipun mesin motor akan bekerja pada putaran tinggi dan menyala dalam waktu yang lama, namun suhu mesin motor tidak akan terlalu tinggi.

Dengan cara ini, mesin motor akan bekerja secara efisien dan aman untuk jangka waktu yang lama. Panas dari ruang bakar yang tidak terkonversi ini akan menjadi tenaga mekanik yang akan dikeluarkan melalui saluran pembuangan sehingga akan terserap pada komponen motor yang lainnya.


Temperatur Mesin Motor Butuh Pendinginan? Inilah 4 Fungsi Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!-master1305-freepik

Mengingat bahwa bahan mesin motor merupakan baja, maka panas akan mampu untuk diserap dengan sangat cepat. Temperatur yang terlalu tinggi pada mesin motor ini tentunya akan menurunkan kinerja dan kerusakan pada beberapa komponen sepeda motor.

Untuk dapat menghindari hal ini terjadi, maka sistem pendingin tentunya menjadi solusi yang paling tepat untuk mesin motor dapat bekerja secara sempurna.

Selain untuk mengurangi panas dari mesin motor, terdapat beberapa fungsi lain yang dapat diberikan oleh sistem pendingin pada sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber