Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!

Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!

Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!--Foto: instagram@denshinofficial

Usia Pakai Rantai Keteng yang Sudah Lama

Setiap komponen yang terdapat pada sepeda motor tentunya mempunyai usia pakai. Terdapat komponen dengan usia pakai yang pendek dan juga ada yang panjang.

Komponen rantai keteng sendiri mempunyai usia pakai yang terbilang cukup lama yaitu 5 tahun, usia pakai ini tidak jauh berbeda dengan rantai motor.

Kerusakan akibat usia pakai ini dapat terjadi komponen rantai keteng yang memuai kemudian akan menyusut secara terus menerus.

Terlebih lagi area pada komponen rantai keteng ini letaknya dekat dengan ruang bakar sehingga akan sering bersuhu panas. Pada saat sedang digunakan, rantai keteng akan bekerja secara terus menerus melalui roda gigi yang membuat gesekan terjadi.

Jika dilihat dari cara kerjanya tersebut maka tidak mengherankan jika setelah 5 tahun pemakaian rantai keteng akan mulai kendur karena aus.

Pengendara yang mempunyai sepeda motor dengan usia yang lebih dari itu tentunya perlu bersiap untuk mengganti komponen rantai keteng tersebut.

BACA JUGA:Insiden Berdarah Terjadi Saat Hitung Surat Suara di TPS 27 Palembang, Ketua KPPS Alami Luka Bacok di Kepala

Melemahnya Tensioner 

Jika sepeda motor yang dimiliki oleh pengendara termasuk yang usia pemakaiannya masih baru, maka penyebab rantai keteng kendur juga dapat terjadi dikarenakan melemahnya tensioner.

Tensioner merupakan komponen yang mengatur ketegangan pada rantai keteng, pengecekan pada bagian tensioner ini dapat dilakukan untuk mengatur ketegangan rantai secara ulang.

Namun, jika setelah disetel ternyata rantai keteng kondisinya tetap kendur maka bisa jadi tensioner perlu untuk dilakukan penggantian dengan yang baru.

Jarang Melakukan Penggantian Oli Motor

Sepeda motor yang jarang diganti olinya juga dapat mempengaruhi kinerja dari rantai keteng. Padahal kinerja rantai keteng akan jauh lebih baik jika terdapat pelumas, tanpa adanya oli yang berkualitas baik akan membuat rantai keteng menjadi bekerja dengan terlalu keras dan mempercepat terjadinya keausan.


Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!--foto: instagram@aspiraastra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber