Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!

Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!

Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!--Foto: instagram@denshinofficial

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Rantai keteng dikenal juga dengan rantai kamrat atau timing chain merupakan komponen pada sepeda motor yang mempunyai ukuran cukup kecil jika dibandingkan dengan rantai motor.

Sama halnya seperti pada rantai motor, kerusakan pada rantai keteng juga dapat terjadi akibat penggunaan sepeda motor. Lalu, apa saja penyebab dari rantai keteng yang kendur?

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan rantai keteng pada sepeda motor menjadi kendur dan perlu untuk diketahui oleh pengendara agar dapat mendeteksi sumber kerusakan yang terjadi.

Gaya Berkendara yang Kasar

Penyebab rantai keteng yang kendur dapat berasal dari gaya berkendara yang dilakukan. Gaya berkendara yang kasar seperti sering melakukan geber gas seharusnya tidak dilakukan oleh pengendara.

BACA JUGA:Tuntutan Belum Siap, Sidang Dugaan Korupsi Dana Komite dan Pembangunan SMA Negeri 19 Palembang Ditunda

Pada saat pengendara menarik gas secara mendadak dan dilakukan terus menerus maka akan membuat rantai keteng menjadi terpaksa bekerja keras.

Perputaran yang terlalu cepat dan mendadak tersebut dapat membuat rantai keteng menjadi kendur. Selain itu, jika pengendara sering kasar dalam menggunakan sepeda motor, kerusakan pada bagian pembakaran juga tidak dapat untuk dihindari.

Padahal untuk dapat mencegah terjadinya kerusakan, pengendara hanya perlu menarik gas secara perlahan dan tidak berlebihan.

Hal tersebut perlu untuk dilakukan jika pengendara menginginkan usia pakai dari rantai keteng ini menjadi lebih panjang.

Dengan mengenal semua penyebab rantai keteng yang kendur, tentunya akan membuat pengendara dapat mulai memperhatikan sepeda motor miliknya.

Baik dari segi penggunaan ataupun perawatan, keduanya akan sangat mempengaruhi semua komponen yang terdapat pada sepeda motor.

Jadi, pengendara sebaiknya mencegah untuk melakukan hal tersebut sebelum membuat pengendara harus mengganti rantai keteng dalam jangka waktu yang dekat.


Inilah 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Komponen Rantai Keteng Pada Sepeda Motor Menjadi Kendur!--foto: instagram@aspiraastra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber