Roda Pada Sepeda Motor Goyang, Inilah 6 Cara Mengatasi Roda Motor yang Bergoyang Pada Saat Berkendara!

Roda Pada Sepeda Motor Goyang, Inilah 6 Cara Mengatasi Roda Motor yang Bergoyang Pada Saat Berkendara!

Roda Pada Sepeda Motor Goyang, Inilah 6 Cara Mengatasi Roda Motor yang Bergoyang Pada Saat Berkendara!-senivpetro-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Berkendara dengan menggunakan sepeda motor banyak dijadikan sebagai pilihan karena kemudahan dan kenyamanan yang dapat dirasakan saat melakukan perjalanan.

Apabila terdapat kerusakan atau masalah yang terjadi pada sebuah sepeda motor, tentunya akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

Salah satu penyebab dari sepeda motor yang tidak lagi nyaman untuk digunakan berkendara yaitu kondisi roda motor yang goyang.

Penyebab dari roda motor yang goyang ini bukan hanya akibat bearing roda yang sudah aus. Kondisi roda motor yang goyang ini juga dapat terjadi karena kondisi velg yang peang karena melindas lubang jalan atau akibat pemasangan ban motor yang tidak benar.

Selain dapat membuat berkendara menjadi tidak nyaman, kondisi roda yang bergoyang ini juga dapat berpotensi membahayakan pengendara.

Karena perputaran roda yang sudah tidak lagi bulat secara merata, sepeda motor akan terasa bergetar pada saat melaju di jalanan. Kondisi ini tentunya akan sangat mudah menimbulkan rasa kesemutan baik pada tangan atau anggota tubuh lain dari pengendara sepeda motor.

BACA JUGA:H-2 Pencoblosan, Distribusi Logistik Pemilu Sisakan 3 Kecamatan di Palembang

Hal ini dapat menjadi lebih berbahaya pada saat menikung dengan kecepatan menengah dan tinggi. Permukaan ban motor menjadi tidak lagi menapak pada jalanan secara penuh karena salah satu sisi ban yang sudah mulai bergeser dari titik tapaknya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ini beberapa tips dan langkah yang dapat dilakukan oleh para pengendara terkait cara mengatasi roda motor yang bergoyang saat berkendara.

Lakukan Perbaikan Pada Velg

Penyebab roda motor yang bergoyang biasanya dapat disebabkan oleh kondisi velg yang rusak, penyok, retak atau bahkan berkarat.

Slah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggantinya menggunakan velg baru agar tidak membahayakan pengendara.

Cara lain yang dapat dilakukan oleh pengendara yaitu melakukan pres velg pada bagian yang kerusakannya tidak terlalu parah atau hanya menambal pada bagian yang retak.

Sesuaikan ukuran velg dengan sepeda motor, lalu standarkan dengan standar dua dan putar roda motor lalu lihat arah depan atau belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber