Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata yang Suka Keasrian Alam Silahkan Berkunjung

Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata yang Suka Keasrian Alam Silahkan Berkunjung

Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata yang Suka Keasrian Alam Silahkan Berkunjung--Foto: [email protected] Toba

BACA JUGA:Mobil Rusak Parah Karena Kecelakaan, Apakah Bisa Klaim Asuransi?

Jalur paling mudah Tongging – Silalahi sepanjang 12 km, jalur tersulit Tongging – Samosir sepanjang sekitar 50 km, dan jalur terakhir merupakan jalur tersulit yaitu Lingkar Utara sepanjang 175 km. Di dekat Danau Toba terdapat dua museum yang kaya akan sejarah dan budaya masyarakat Batak:

Museum Tomok dan Museum Huta Bolon. Di Museum Tomok, Sobat Pesona bisa melihat museum bergaya rumah tradisional Batak Toba yang sudah berusia berabad-abad namun masih bagus, kokoh dan terawat.

Sedangkan di Museum Huta Bolon, Sobat Pesona akan mengagumi ukiran dan ornamen Batak bernama Gorgas yang merupakan bagian dari museum. Hal unik lainnya yang ditemukan di kawasan Danau Toba adalah boneka kayu seukuran manusia yang disebut Sigale-gale.

Sigale-gale terkenal dengan keajaiban dan dongengnya! Penduduk setempat percaya bahwa boneka Sigale bisa menari dan melolong sendiri tanpa bernyanyi. Beberapa dari mereka juga mengatakan bahwa boneka Siggalgale hanya bisa diletakkan di dalam kotak.


Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata yang Suka Keasrian Alam Silahkan Berkunjung--foto: instagram@danau_tobasamosir

Slogan ini juga digunakan pada pemakaman keluarga di wilayah Samosir. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat percaya bahwa tarian Sigale gale mengirimkan arwah orang mati ke dunia.

Nah, bagi sobat pencari oleh-oleh Pesona, Baju kain Ulos bisa menjadi oleh-oleh yang cocok dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Danau Toba.

Selain berfungsi sebagai pakaian, ulos dianggap sebagai simbol status sosial dan sering dipakai pada acara-acara penting seperti kelahiran dan pernikahan. Selain Ulos, juga terdapat ukiran kayu asli dengan bentuk unik dan menarik yang bisa dijadikan simbol oleh Sahabat Pesona.

Bagi sobat Pesona pecinta kopi, jangan lupa untuk berbelanja di kafe terkenal Danau Toba seperti Lintong Cafe dan Sidikalang Cafe. Sahabat Besona, ketemu di Danau Toba! Demikin inilah pesona dari Danau Toba, apakah kalian tertarik mengunjunginya, diingat Indonesia sangat beragam ada banyak sekali tempat wisata semenarik dan seasri Danau Toba ya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber